Umrah akan Dilakukan Satu Pintu untuk Cegah Covid

Umrah akan Dilakukan Satu Pintu untuk Cegah Covid

JAKARTA, SENAYANPOST.com -Kementerian Agama melakukan uji coba umrah satu pintu yakni dalam hal pemberangkatan/kepulangan jemaah dilakukan secara terpadu. Kebijakan itu untuk mencegah Covid-19.

Nantinya sebelum keberangkatan dan sesampainya di tanah air, jemaah akan dikarantina di asrama haji dan untuk pemberangkatan/kepulangan jemaah akan melalui 1 pintu dari bandara Soekarno Hatta.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan, hal ini menjadi tantangan Penyelenggaraan umrah di tengah pandemi Covid-19. Perlu dilakukan pengendalian secara terpusat agar penyelenggaraan dapat berjalan dengan baik.

"Umrah akan dicoba satu pintu menggunakan asrama haji, jadi umrah rasa haji ada wacana satu pintu, dimana ada aturan kesehatan protapnya sebelum berangkat harus ada karantina dulu. Jadi di asrama haji itu akan ada kerjasama dengan Kemenkes, termasuk PCR dan Vaksin," kata Saiful dilansir iNews, Senin,(18/10/2021). 

"Jadi kalau sudah bisa melaksanakan ini clear dan insya allah haji 2022 akan lancar," katanya. 

Terkait haji 2022, dia menambahkan telah melakukan persiapan terkait kuota jemaah yang tertunda dua tahun keberangkatannya. 

Dia pun telah melakukan mitigasi dan memetakan mana jemaah dengan yang sudah tervaksin atau belum karena menurutnya vaksin menjadi kesatuan di dalam persyaratan pelaksaanaan ibadah umrah 1443H. 

"Jadi kita sudah memetakan berapa banyak jemaah yang sudah masuk kuota haji nasional mana yang sudah vaksin dan yang belum. Juga usia kami sudah petakan mana yang di bawah 65 dan di atas 65, kita petakan sistem kedokumenannya, apalagi sekarang ada hal baru di saudi yang menggunakan aplikasi untuk jemaah haji dan umrah, juga kita siapkan," katanya.

"Jadi nanti bila ada haji 2022, 100 persen kita siap jadi kita bisa berangkatkan jemaah dengan aman dan nyaman," pungkasnya.