Ekonomi

UMKM Online Bisa Dikenai PPh 0,5 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemberlakuan pajak penghasilan sebesar 0,5 persen pada UMKM konvensional juga dapat diberlakukan pada UMKM online agar kebijakan tersebut dapat berlaku secara adil.

“Angka ini masih terbilang rasional dan tidak memberatkan. Apalagi transaksi penjualan UMKM online berpeluang lebih besar dibandingkan dengan UMKM konvesional,” kata peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Novani Karina Saputri, di Jakarta, Selasa (27/6/2018).

Ia menambahkan, potensi pajak penghasilan melalui perdagangan online terbilang sangat besar. Apalagi sekarang ini banyak sistem perdagangan offline bergeser menggunakan platform online.

Menurut dia, hal yang penting adalah pemerintah sudah cukup adil dalam mengenakan pajak atas perdagangan e-commerce terutama pelaku perdagangan yang mayoritas adalah industri UMKM.

Ia mengingatkan agar jangan sampai kebijakan pajak ini menjadi beban dan mendisinsentif pelaku industri untuk menjalankan bisnis mereka karena pada dasarnya, perdagangan online bersifat unik.

Keunikan tersebut, lanjut Novani, adalah karena aktivitas perdagangan terbilang sangat aktif karena dapat berjualan kapan pun selama terkoneksi dengan internet. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close