Ekonomi

Uji Coba LRT Palembang, Kecepatan Capai 85 Km/Jam

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jelang pengoperasian LRT Sumatera Selatan pada Juli nanti, semua aspek teknis yang harus diuji telah dilakukan, antara lain terhadap prasarana, sarana, dan peralatan sistem pengoperasiannya.

Uji coba LRT Sumsel dilakukan oleh Tim Terpadu yang berasal dari Ditjen Perkeretaapian, KAI, Waskita Karya, Len Industri, dan INKA.

Hasil uji terakhir telah dilaksanakan dan telah dilakukan uji coba operasi pada tanggal 25 Juni 2018, di mana kereta dengan kondisi prasarana dan peralatan sistem pengoperasian yang ada dapat berjalan dengan kecepatan operasi 85 kilometer (km) per jam, sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Demikian dikutip dari keterangan tertulis Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Rabu (27/6/2018).

Sampai dengan saat ini, pemerintah terus berupaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan angkutan umum massal berbasis rel terintegrasi di kawasan perkotaan, salah satunya dengan membangun sarana dan prasarana LRT Sumsel.

Sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNas) yang menerjemahkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, jaringan perkeretaapian nasional direncanakan untuk saling menghubungkan pusat-pusat kegiatan ekonomi dan terintegrasi antar moda seperti dapat terhubung ke bandara, pelabuhan, terminal dan kawasan industri termasuk kawasan pariwisata.

Pada beberapa kota besar di Indonesia, telah direncanakan pembangunan KA perkotaan, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, Padang, Medan, Makassar, Batam.

Sampai dengan saat ini, telah selesai dibangun moda KA yang menghubungkan bandara dengan pusat kota atau pusat kegiatan, antara lain KA Bandara Kualanamu di Sumatera Utara, KA Bandara Soekarno- Hatta di Metropolitan Jakarta, dan KA Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat. Menyusul, adalah pembangunan KA Bandara Sumatera Selatan (LRT Sumsel) yang sudah sampai tahap finalisasi pekerjaan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close