Nasional

Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Jagorawi Dimulai 16 April

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Aturan ganjil genap kendaraan pribadi di jalan tol diperluas. Rencananya, aturan ini akan diberlakukan di ruas jalan tol Jagorawi, gerbang tol Cibubur 2. Jika tak ada halangan, akan mulai diuji cobakan pada 16 April 2018. Aturan berlaku mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB setiap Senin – Jumat, kecuali hari libur nasional.

Di samping itu, berlaku juga penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor – Pasar Rebo arah Jakarta berlaku mulai 06.00 – 09.00 WIB setiap Senin – Jumat, kecuali hari libur nasional.

Selain itu, pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi, dan Cibubur Residence.

Aturan ganjil genap juga akan berlaku di ruas jalan tol Jakarta-Tangerang, yakni di gerbang tol Tangerang 2 dan Kunciran 2 arah Jakarta. Aturan ini berlaku pada pukul 06.00 – 09.00 WIB mulai Senin – Jumat, kecuali hari libur nasional.

Kemudian, penerapan LKAU dari Tangerang-Kebon Jeruk arah Jakarta dan pembatasan angkutan barang (kendaraan golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk dua arah mulai puku 06.00 – 09.00 WIB, setiap Senin hingga Jumat, kecuali hari libur nasional.

Lalu, pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Perumahan Citra Raya, Alam Sutra, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Jaya.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengaku siap memberlakukan uji coba paket kebijakan tersebut demi menjamin kelancaran arus lalu lintas di kedua ruas jalan tol.

“Untuk memastikan kelancaran paket kebijakan di kedua ruas jalan tol tersebut, pengguna jalan tol diharapkan dapat berpartisipasi dengan memastikan kendaraannya sesuai dengan skema ganjil genap yang berlaku dan memprioritaskan guna menggunakan kendaraan umum khusus yang telah disediakan,” jelannya, melalui keterangan resmi, Jumat (13/4).

Berdasarkan evaluasi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), penerapan paket kebijakan yang telah diterapkan selama empat pekan (12 Maret 2018 hingga 6 April 2018) di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek berhasil menurunkan rasio volume kendaraan dan kapasitas (V/C ratio) sebesar 46 persen.

Tak hanya itu, peningkatan rata-rata kecepatan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek juga meningkat 10 persen-20 persen pada jam pemberlakuan kebijakan.

Usai uji coba, rencananya pemerintah menerapkan kebijakan sepenuhnya pada awal Mei 2018.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close