Pendidikan

UGM Tawarkan Konsep Restorasi Transmigrasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan konsep restorasi transmigrasi dan gerakan nasional green transpolitan 4.0 dalam rangka meningkatkan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pertumbuhan wilayah.

Dalam Deklarasi Bulaksumur dan Gerakan Nasional Transpolitan Hijau 4.0 Guru Besar Fakultas Geografi UGM sekaligus salah satu penggagas konsep restorasi transmigrasi dan Gerakan Nasional Transpolitan Hijau 4.0, Prof. Dr. Suratman mengatakan inovasi pembangunan transmigrasi ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional di bidang penyediaan dan kemandirian pangan, pengentasan kemiskinan dan mempercepat pembangunan daerah.

“Sasaran tersebut dapat dicapai melalui integrasi perencanaan dan pembangunan infrastruktur nasional yang mendukung percepatan pembangunan ekonomi di kawasan transmigrasi,” katanya, Selasa (17/9/2019).

Konsep inovasi pengembangan kawasan transmigrasi ini menurut Suratman diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di pulau Jawa.

“Kita ingin pembangunan transmigrasi mampu menjadi katup pengaman dari masalah pengangguran di pulau Jawa dengan tersedianya lapangan pekerjaan dan kesempatan ekonomi baru di kawasan transmigrasi,” jelasnya. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close