Pendidikan

UGM Koleksi 1.111 Jenis Sayuran dari Seluruh Indonesia

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pusat Inovasi Agroteknologi Universitas Gadjah Mada, saat ini memiliki koleksi 1.111 jenis sayuran dari berbagai pelosok tanah air.

Koleksi berbagai jenis sayuran tersebut disimpan dalam Bank Genetika Sayuran sebagai bentuk penyimpanan plasma nutfah sayuran pertama di Indonesia.

Peneliti PIAT Dr. Siwi Indarti, mengatakan saat ini sebagain besar ribuan jenis tanaman sayur tersebut berupa kacang panjang, cabai, timun bahkan ada jenis sayuran yang hampir punah seperti kecipir dan kenikir.

“Kita ingin mengumpulkan sayuran tropis khas daerah selain disimpan kita juga mengembangkannya untuk disilangkan,” kata Siwi kepada wartwan usai membuka UGM Vegetable Expo yang berlangsung di kompleks PIAT yang berada di Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Jumat (24/8).

Dia mengatakan, pengumpulan koleksi itu baru dimulai setahun lalu dengan melibatkan mahasiswa KKN.

“Mahasiswa  yang kembali dari kegiatan KKN selama dua bulan akan mengumpulkan berbagai jenis macam sayur di setiap lokasi KKN dalam bentuk benih. Selanjutnya kita sortir di sini, diperbanyak dan dikarakterisasi untuk memilih keungggulannya masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan Siwi, pihaknya baru melakukan koleksi bank genetik sayuran ini sejak setahun yang lalu. Meski relatif baru, pihaknya merencanakan pada tahun 2022 akan bisa meluncurkan varietas tanaman sayuran baru dari hasil persilangan dari berbagai koleksi genetik yang sudah dikumpulkan tersebut.  “Target kita tahun 2022 sudah ada varietas baru,” katanya. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close