Pendidikan

UGM Buka Diploma IV Perbankan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, mulai tahun akademin 2018/2019 ini membuka Program Studi Diploma IV Perbankan. Pendirian dilakukan setelah proposal pengajuan pendirian D IV Perbankan mendapat persetujuan dari Senat Akademik UGM pada 26 Juni 2018.

“Senat Akademik UGM telah menyetujui dan sudah mulai bisa dibuka tahun ini tahun ajaran 2018/ 2019 melalui gelombang III PMB Sekolah Vokasi UGM,” kata Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, Ph.D, Minggu (8/7/2018) di Yogyakarta.

Menurut dia, Pendirikan Diploma IV Perbankan ini merupakan bagian dari kebijakan Sekolah Vokasi UGM.

“Mulai tahun depan seluruh Program Studi D III Sekolah Vokasi UGM akan berhenti menerima mahasiswa baru dan mempercepat pendirian prodi-prodi D IV,” katanya.

Pendirian program studi D IV Perbankan kali ini, kata Wikan, betul-betul wujud link and match antara dunia pendidikan dan industri. Link and match tidak hanya sekadar MoU di atas kertas, namun bagaimana dalam mengembangkan kurikulum Sekolah Vokasi UGM mengacu pada sistem sertifikasi kompetensi yang dimiliki Bank Mandiri.

“Sertifikasi kompetensi yang diakui sebagai standar sertifikasi kompetensi perbankan nasional. Jadi, sertifikasi kompetensi Bank Mandiri kita adopsi kedalam kurikulum D IV Perbankan. Implikasinya, tentunya lulusan D IV Perbankan minimal akan mendapat 2 sertifikasi kompetensi untuk bidang perbankan yang diakui secara nasional, tidak hanya Mandiri tapi juga bank-bank lain,” ujar Wikan.

Dua sertifikasi kompetensi tersebut adalah general banking dan risk management level 1. Sertifikasi ini diakui ditingkat regional ASEAN dan nasional. Sertifikasi diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Perbankan yang telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia.

Wikan menjelaskan untuk penerimaan mahasiswa baru Prodi D IV Perbankan tahun ini melalui gelombang III PMB Sekolah Vokasi UGM. Untuk tahun pertama Prodi D IV Perbankan akan menerima 45 mahasiswa. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close