Kesehatan

UGM Akan Kaji Mendalam Metode Cuci Otak

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Metode cuci otak untuk penanganan pasien stroke sebagaimana yang dilakukan Dokter Terawan Agus Putranto akan dikaji secara mendalam dan objektif.

Dekan FKKMK (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan) UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K), Jumat, kajian yang mendalam dan objektif ini akan lebih baik ketimbang terburu-buru mengambil sikap baik itu sikap yang menyalahkan atau yang membenarkan.

“Kita harus melihat dari berbagai sisi secara proporsional supaya tidak mengembuskan isu yang pro-kontra,” katanya.

Karena itu, lanjutnya, Fakultas Kedokteran UGM lebih memilih mendiskusikan hal itu secara akademis dengan mendatangkan berbagai ahli seperti ahli radiologi, ahli saraf dan bedah saraf, ahli bio etik, hingga ahli penilian teknologi kesehatan (HTA).

“Akan kami diskusikan secara mendalam dan utuh. Bukan pada sisi setuju atau tidak setuju tetapi dari kacamata akademis yang objektif. Kalau hanya setuju atau tidak setuju, itu sangat dangkal,” tegasnya.

Dikatakan yang perlu dilihat secara mendalam apakah metode yang diterapkan dokter Terawan menghilangkan penyakitnya, hanya mengurangi gejalanya, atau hanya untuk pencegahan suatu penyakit.

Dalam kedokteran, lanjutnya lagi, ada tiga level pengujian sebelum obat itu diperuntukkan manusia.

Diawali diuji coba dulu ke binatang kecil, uji klinis terbatas, uji klinis secara luas atau berbasis populasi baru kemudian bisa diluncurkan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close