UEFA Haramkan Minuman Beralkoholdi Ruang Jumpa Pers untuk Hormati Pemain Muslim

UEFA Haramkan Minuman Beralkoholdi Ruang Jumpa Pers untuk Hormati Pemain Muslim
Paul Pogba pindahkan botol minuman beralkohol

NYON, SENAYANPOST.com  - Tindakan beberapa pemain yang menyingkirkan botol saat konferensi pers di ajang Piala Eropa 2020 sempat menyita perhatian dalam beberapa pekan terakhir.

Salah satunya yang dilakukan gelandang Tim Nasional (Timnas) Prancis, Paul Pogba, yang menurunkan botol bir dari atas meja pada konferensi pers usai laga Prancis kontra Jerman.

Menyikapi hal ini,  Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) mengeluarkan kebijakan terkait keberadaan botol bir yang merupakan sponsor Piala Eropa 2020 pada konferensi jelang laga. 

UEFA sepakat untuk tidak menempatkan salah satu produk bir, terutama saat pemain muslim yang menjadi narasumber di sesi konferensi pers.

Direktur Turnamen Piala Eropa 2020, Martin Kallen, mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan pembicaraan kepada pemain terkait peletakan salah satu sponsor mereka tersebut.

"Kami akan berkomunikasi dengan tim (pihak pemain dan pelatih) mengenai masalah ini," ujar Kallen dilansir dari laman Aljazeera, Sabtu (26/6/2021).

“Ini penting karena pendapatan dari sponsor sangat berpengaruh untuk turnamen dan sepak bola Eropa,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Kallen mengatakan aturan turnamen mengharuskan kepatuhan dengan janji UEFA untuk sponsor. Namun di sisi lain, UEFA juga akan mengambil kebijakan untuk pemain muslim terkait keberadaan botol bir di atas meja konferensi pers.

Menurut laporan Daily Telegraph, kebijakan meniadakan botol bir untuk pemain muslim sudah dilakukan pada konferensi pers usai pertandingan Prancis kontra Portugal pada Kamis, 24 Juni 2021 dini hari WIB.

Saat, itu penyerang Timnas Prancis, Karim Benzema yang juga merupakan pemain muslim melakukan konferensi pers di depan papan iklan tanpa ada botol bir di dekatnya. Karena itu, tindakan yang diambil UEFA layak mendapat apresiasi. (Jo)