Internasional

Ucapkan Selamat ke Putin, Trump Ingin Baikan dengan Rusia

MOSKOW, SENAYANPOST.com – Vladimir Putin resmi dilantik sebagai Presiden Rusia untuk keempat kalinya. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump pun mengucapkan selamat kepada Putin. Pemimpin AS itu berharap Washington dan Moskow kembali merajut hubungan yang baik di masa depan.

Ucapan selamat dari Trump disampaikan Gedung Putih. “Presiden menyampaikan selamat (pada Putin) dan menantikan saat-saat ketika kita bisa memiliki hubungan yang baik dengan Rusia,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders kepada wartawan pada hari Senin waktu Washington.

Hubungan Moskow dan Washington telah memburuk, bahkan dianggap menyamai level Perang Dingin. Sejak era Presiden Barack Obama hingga Trump, AS berkali-kali menjatuhkan sanksi kepada Rusia dan berbagai entitasnya.

Rentetan sanksi itu atas berbagai tuduhan, seperti ikut campur pemilu AS tahun 2016, intervensi krisis Ukraina tahun 2014, melindungi rezim Suriah yang dituduh melakukan serangan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri hingga tuduhan mendalangi serangan racun pada mantan agen ganda Moskow Sergei Skripal di Inggris.

Meski menyampaikan ucapan selamat pada Putin, Gedung Putih tetap mengkritik penangkapan massal para demonstran anti-Kremlin menjelang pelantikan Presiden Rusia.

“Namun, AS percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk didengar dan berkumpul secara damai,” ujar Sanders, mengacu pada penangkapan demonstran di Moskow dan St Petersburg Sabtu lalu.

Demo besar itu digerakkan pemimpin oposisi Rusia, Alexey Navalny. Lebih dari 1.500 orang ditangkap dalam demo di beberapa kota di Rusia. Polisi menyatakan, penangkapan dilakukan karena demo digelar tanpa izin atau ilegal.

Sementara itu, Putin yang diambil sumpah jabatan pada hari Senin, berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga bangsanya menjadi kuat dan modern. Dia juga berjanji untuk menempatkan kepentingan rakyat Rusia di atas segalanya.

Putin memenang telak dalam pemilu Maret lalu dengan meraih hampir 77 persen suara.

“Saya menganggap itu tugas saya dan tujuan hidup saya untuk melakukan segala kemungkinan bagi Rusia, untuk saat ini dan untuk masa depannya,” kata Putin pada upacara pelantikan.

Ribuan tamu berjejer di karpet merah dan memfilmkan Putin dengan smartphone mereka ketika pemimpin Kremlin itu tiba untuk upacara pelantikan di Hall Andreyev, bagian dari kompleks istana Kremlin.

Di antara ribuan tamu tersebut ada bintang laga AS Steven Seagal, yang telah diberikan status kewarganegaraan Rusia. Mantan Kanselir Jerman; Gerhard Schroder, dan janda Boris Yeltsin (pendahulu Putin); Naina Yeltsina, juga hadir.

Pelantikan Putin jadi sorotan media internasional, di mana dia mengendarai limusin hitam buatan Rusia. Hal itu berbeda dengan pelantikan di periode sebelumnya, di mana Putin mengendarai Mercedes buatan Jerman.

“Saya merasa sangat sadar akan tanggung jawab besar saya,” kata Putin, yang berterima kasih kepada rakyat Rusia atas dukungan dan kekompakannya. “Kami telah menghidupkan kembali kebanggaan di tanah air kami,” imbuh dia, yang dikutip dari Russia Today, Selasa (8/5/2018). (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close