Nasional

Tutup Layanan Onsite Hingga 29 Mei, Perpusnas Tawarkan Layanan Online

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19), Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memperpanjang penutupan semua layanan onsite selama dua bulan ke depan.

Maka seluruh layanan onsite di Perpusnas akan ditutup mulai dari 16 Maret sampai 29 Mei.

“Kami akan informasikan ke masyarakat jika ada perubahan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3/20).

Syarif menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan informasi dan ilmu pengetahuan selama masa pandemi corona, karena Perpusnas memiliki inovasi pelayanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Sehingga siapapun tetap bisa mengakses layanan perpustakaan dimana saja dan kapan saja,” ungkap Syarif.

Layanan digital (online) Perpusnas mencakup pengajuan International Standard Book Number (ISBN), Online Public Access Catalog (OPAC), Indonesia OneSearch (IOS), Keanggotaan online (K-OL), e-Resources, dan Khasanah Nusantara (Khastara). Semuanya termuat dalam portal www.perpusnas.go.id.

Salah satu pelayanan digital yang kini digandrungi masyarakat adalah iPusnas. iPusnas merupakan produk digital Perpusnas berbasis media sosial yang memberikan kemudahan masyarakat Indonesia untuk membaca. iPusnas menyediakan ribuan buku secara full teks.

Untuk bisa membacanya harus meng-instal aplikasi iPusnas via Appstore ataupun Playstore terlebih dulu pada perangkat komunikasi (handphone) ataupun laptop.

Setelah terinstal, sebanyak 50.438 judul atau 591.739 eksemplar buku berbagai judul bisa dibaca dan disimpan sampai batas waktu yang ditentukan. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close