Olahraga

Turnamen Catur Ketua DPR Dapat Rekor MURI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendapatkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor penyelenggaraan ‘Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI’ dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia.

Selain mengasah kemampuan para peserta catur juga untuk memperebutkan Piala Ketua DPR RI dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Turnamen ini sekaligus sebagai bukti nyata DPR RI mendukung dan memfasilitasi lahirnya bibit-bibit unggul dalam olahraga catur.

“Rekor dunia yang diberikan MURI membuat DPR RI lebih semangat lagi menjadi Parlemen Modern dan Terbuka. Beberapa waktu lalu kita selenggarakan safety riding melibatkan komunitas motor, pameran seni dan budaya dan kini tunamen catur,” tegas Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Ke depan DPR akan mengadakan pameran filateli serta lomba burung berkicau. “Semua itu dilakukan agar DPR RI bisa merangkul berbagai elemen masyarakat yang beraneka ragam,” kata politisi Golkar itu.

Hadir Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Grand Master Utut Adianto, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, anggota DPR RI Taufiqulhadi (NasDem), Ketua Komunitas Pecinta Catur Indonesia Hatta Taliwang, Ketua MURI Jaya Suprana dan aktifis senior Hariman Siregar.

Menurut Bamsoet, turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI awalnya dibuka untuk 1.000 peserta. Namun karena antusiasme yang luar biasa, ditambah menjadi 1.042 peserta. Jika tidak dibatasi, peserta bisa lebih banyak lagi.

Sebanyak 1.042 peserta dari berbagai daerah dan kalangan yang ikut menyemarakan turnamen ini terbagi dalam beberapa kategori pertandingan.

Sebanyak 138 peserta kategori Master, 54 peserta kategori Parlemen, 568 peserta kategori Non Master, 92 peserta kategori Junior Usia 12 tahun, 54 peserta kategori Junior Usia 16 tahun, 64 peserta kategori Wanita dan Wasit, serta 72 peserta kategori Veteran 55 tahun ke atas.

Melalui Turnamen Catur Terbuka Piala Ketua DPR RI ini, para pecatur bisa mengasah kemampuan dan meningkatkan jam terbang mereka. Sehingga kelak bisa lahir lebih banyak Grand Master yang membanggakan Indonesia.

“Grand Master Utut Adianto adalah salah satu contoh yang membanggakan. Selain sukses mengharumkan nama Indonesia sebagai pecatur, beliau juga sukses menjadi Wakil Ketua DPR RI,” pungkas Bamsoet. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close