Internasional

Turki Miliki Mobil Listrik, Mimpi Erdogan Terwujud

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tahun 2017 lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memiliki mimpi agar Turki bisa memiliki mobil listrik sendiri. Di akhir tahun 2019 ini, mimpi Erdogan itu terwujud.

Sebagaimana dilansir dari thenational.ae, Turki akhirnya berhasil memproduksi mobil listrik buatan sendiri. Dalam peresmian pekan lalu, mobil ini diberi merk TOGG (Turkey Auomobile Initiative Group), sesuai dengan nama konsorsium perusahaan yang membuatnya.

“Kita di sini menyaksikan mimpi Turki selama 60 tahun, yang kini menjadi nyata,” kata Erdogan dalam media itu.

Proyek mobil listrik tersebut menghabiskan dana 22 miliar lira atau sekitar 3,7 miliar dolar AS dan menghabiskan pembuatan selama 13 tahun. Saat ini ada 175 ribu mobil listrik yang akan diproduksi per tahun.

Erdogan menargetkan mobil listrik akan siap untuk semua konsumen domestik di 2022. Bukan cuma dipasarkan di dalam negeri, mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara Eropa.

“Ketika kita melihat mobil ini di jalanan seluruh dunia, kita tahu bahwa kita mencapai mimpi kita,” tegasnya lagi.

Sebelumnya Turki dikenal sebagai eksportir sejumlah mobil ternama di Eropa. Sejumlah perusahaan mobil memiliki pabrik di Turki mulai dari Ford, Fiat Chrysler, Renault, Toyota dan Hyundai.

Sementara itu, TOGG sendiri adalah konsorsium yang dibuat tahun 2018. Setidaknya ada lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Kok Group, operator telepon seluler Turkce dan Zorlu Holding serta Vestel. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close