Internasional

Turis Tewas Terkena Baling-baling Helikopter

HILSA, SENAYANPOST.com – Seorang turis asal India tewas setelah terkena baling-baling pada bagian ekor helikopter di Hilsa, daerah terpencil dekat perbatasan China dengan Nepal.

Melansir dari NDTV, korban diidentifikasi bernama Nagendra Kumar Kartik Mehta, berusia 42 tahun dan tinggal di Mumbai. Korban merupakan peziarah dan sedang dalam perjalanan ke Kailash Mansarovar.

“Korban tewas setelah turun dari helikopter dan kepalanya terkena baling-baling pada ekor helikopter yang ditumpanginya dan tewas di tempat,” kata kepala kepolisian distrik, Gahendra Bahadur Bogati.

Industri helikopter swasta mengalami perkembangan yang pesat di Nepal yang banyak digunakan untuk menerbangkan turis dan barang-barang ke daerah terpencil di pelosok Himalaya, di mana akses jalan darat sangat terbatas, bahkan tidak mungkin dilalui.

Namun, perkembangan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan standar keamanan yang memadai, bahkan termasuk buruk.

Negara miskin itu memiliki catatan keselamatan udara yang buruk dengan staf yang kurang terlatih dan perawatan yang minim. Bahkan, seorang pilot helikopter mendeskripsikan standar keamanan helipad di Hilsa, tempat terjadinya insiden kali ini, nyaris tidak ada sama sekali.

“Terdapat barang-barang di helipad yang praktis membuatnya tidak aman untuk pendaratan helikopter,” kata pilot helikopter yang tidak ingin diungkap namanya.

Setiap tahun, ribuan peziarah yang kebanyakan berasal dari India, kerap melakukan perjalanan melintasi Nepal menuju ke Gunung Kailash di Tibet, sebuah situs yang dianggap suci oleh ajaran Hindu dan Buddha.

Namun, dengan rute yang sulit bahkan tidak mungkin jika dilalui melalui jalur darat, banyak yang kemudian memilih menggunakan helikopter untuk mencapainya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close