Lintas Daerah

Turis Asing Banting Petugas demi Masuk Bromo

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Seorang turis asing memaksa masuk ke wilayah terlarang Gunung Bromo, Jumat (22/3/2019). Dari laporan yang masuk ke kantor pusat BPBD Probolinggo, turis pria itu berasal dari Rusia.

Rois Romli, petugas Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Probolinggo, dikonfirmasi mengatakan, petugas yang menghalangi turis tersebut adalah petugas Tanam Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Petugas yang menghalangi itu dari petugas jaga TNBTS,” katanya, Sabtu (23/3/2019) dikutip dari Kompas.

Setelah lolos dari hadangan petugas, turis tersebut lalu dikejar oleh petugas polisi dengan motor trail.

“Dan, akhirnya bersedia diminta menjauh dari wilayah terlarang,” ucapnya.

Kejadian turis memaksa masuk, kata dia, bukan yang pertama kali. Sebelumnya juga ada 2 turis yang juga memaksa masuk ke area terlarang, namun bisa dicegah.

Video seorang turis asing yang memaksa masuk ke wilayah terlarang Gunung Bromo viral di media sosial, Jumat (22/3). Turis itu memaksa masuk meski sudah dihalangi oleh petugas.

Dalam tayangan video berdurasi 20 detik itu, seorang turis dan petugas sempat saling dorong, setelah sebelumnya sempat adu mulut.

“Back, back” kata petugas itu.

Namun si turis berkacamata hitam itu tetap saja memaksa masuk, bahkan petugas yang terus menghalangi sempat dibanting hingga terjatuh.

Video tersebut diunggah oleh akun instagram bernama @matajitu Jumat (22/3) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Pengunggah video memberikan keterangan, “Kejadian hari ini seorang turis asing menunjukan arogansinya, menganggap dirinya wisatawan lantas seenak-enaknya? kebetulan memang kawasan bromo masih dibuka untuk wisatawan tp dg radius jarak aman tertentu”.

Sejak sepekan terakhir, PVBG merekomendasikan jarak aman dari kawah Gunung Bromo 1 kilometer, menyusul aktifitas vulkanologi gunung di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur itu.

Wisatawan maupun warga harus berada minimal 1 kilometer dari pusat kawah Gunung Bromo.

Kamis kemarin, bahkan Gunung Bromo menyemburkan abu vulkanik di 9 desa di sekitar Gunung Bromo.

Di Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ketebalan abu vulkanik yang turun di pemukiman penduduk bahkan mencapai ketebalan 1 centimeter. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close