Tuntut Gaji Suami, Ratusan Istri Karyawan Gelar Aksi Tidur di Kantor Perusahaan

Tuntut Gaji Suami, Ratusan Istri Karyawan Gelar Aksi Tidur di Kantor Perusahaan
Ibu-ibu menduduki kantor perusahaan yang belum membayar gaji suami mereka.

SUMSEL, SENAYANPOST.com - Karena gaji suami sudah empat bulan tak kunjung dibayar, ratusan istri karyawan PT Minanga Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, menggelar aksi tidur di kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.

Aksi demo yang tak biasa ini sudah dilakukan sejak dua hari terakhir sampai pihak perusahaan memenuhi tuntutan para istri karyawan tersebut. 

Berbeda dari sebelumnya yang datang bersama anak dengan membawa botol susu kosong ke kantor regional PT Minanga Ogan. Kali ini, emak-emak itu kembali datang dengan memboyong anak dan peralatan tidur.

"Kami tidak mau pulang sebelum gaji empat bulan dibayarkan oleh pihak perusahaan," kata Ketua Lini/AFD Ogan Komering Ulu (OKU), Tanzimi, di Baturaja OKU, Sumsel, Jumat (11/9/2020).

Ia mengungkapkan, selama menginap di kantor perusahaan, untuk makan mereka membawa bekal sendiri dari rumah. Bahkan, beberapa di antara emak-emak itu ada yang membawa balitanya juga. 

Aksi para istri karyawan ini untuk memprotes dan menolak rencana perusahaan yang akan membayar gaji dengan cara dicicil, namun karyawan tetap bekerja memanen buah sawit untuk dijual dan dibayarkan untuk gaji mereka.

“Gaji suami kami saja belum dibayar sudah diminta untuk masuk bekerja lagi. Kami butuh makan, anak kami butuh sekolah, butuh susu,” ujar salah seorang istri karyawan PT Minanga Ogan, Ika. (Jo)