Tulis Ucapan Pisah, Melania Trump Pakai 'Ghost Writer'

Tulis Ucapan Pisah, Melania Trump Pakai 'Ghost Writer'
Melania Trump | USA Today

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Mantan ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump sempat merilis pesan perpisahan saat ia bersiap untuk meninggalkan Gedung Putih. Ia juga sempat menulis catatan terima kasih kepada para staf Gedung Putih yang merawatnya dan keluarganya selama 4 tahun terakhir.

Namun menurut dua sumber yang mengetahui tentang catatan tersebut, rupanya mantan model itu tidak menulis sendiri catatan terima kasihnya. Padahal sekitar 80 atau lebih staf yang menerima jenis catatan tertulis itu berasumsi bahwa Melania yang menulisnya sendiri.

Sebaliknya, diketahui bahwa Donald Trump menugaskan staf East Wing tingkat rendah untuk menuliskannya, dan dia menandatangani surat tersebut atas namanya.

Beberapa sumber yang akrab dengan kegiatan Trump, mengatakan Melania 'hanya ingin pulang', dan 'tidak sedih untuk meninggalkan' Washington dan Gedung Putih.

Salah satu sumber yang membahas catatan terima kasih Melania dengan CNN mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan bagi ibu negara, dan terkadang juga presiden, untuk menulis kartu atau surat pendek terima kasih kepada anggota staf rumah tangga, terutama yang mereka temui dan kenal.

Sebagian besar korespondensi menyertakan anekdot pribadi dan surat-surat itu menjadi 'kenang-kenangan yang disayangi' bagi staf kediaman.

Kepala pelayan, juru masak, pembantu rumah tangga, penerima tamu, dan pekerja pemeliharaan biasanya tidak menyerahkan diri pada setiap administrasi dan banyak yang telah bekerja di Gedung Putih selama satu dekade atau lebih.

Sementara menurut jajak pendapat CNN yang baru, Melania Trump akan keluar dari Gedung Putih dengan peringkat ibu negara dengan level favorit terendah dari masa jabatannya sebagai ibu negara AS.

Sebesar 47% lebih memiliki pandangan yang tidak menyenangkan tentang Melania daripada ibu negara lainnya. Jajak pendapat, yang dilakukan oleh SSRS untuk CNN, menempatkan peringkat menguntungkan buat Trump di 42%, dengan 12% dari mereka ketika ditanya mereka menjawab bahwa tidak yakin tentang perasaan tentang ibu negara.

Peringkat favorit soal Trump yang tertinggi terjadi pada Mei 2018 sebesar 57% yang diambil setelah makan malam kenegaraan pertama dan kehadiran Trump di pemakaman mendiang ibu negara Barbara Bush di Texas. Melania pergi ke pemakaman tanpa Trump.

Melania telah menghabiskan minggu-minggu sejak pemilihan presiden dalam keheningan, dan hanya berpartisipasi dalam lima acara publik sejak 3 November, termasuk merayakan kedatangan pohon Natal Gedung Putih, rapat umum politik Georgia dan pembacaan dongeng di Rumah Sakit Anak.

Acara bersamanya yang melibatkan dekorasi Natal Gedung Putih tidak dibuka untuk pers.

CNN juga pertama kali melaporkan Melania Trump telah mengawasi pengepakan dan pengiriman barang-barangnya untuk keluar dari Gedung Putih selama 2 bulan.