Tulang Manusia Ditemukan Terkubur di Rumah, Ini Kronologinya

Tulang Manusia Ditemukan Terkubur di Rumah, Ini Kronologinya
Foto-kompas.com

DEPOK, SENAYANPOST.com - Tulang belulang manusia ditemukan di bawah lantai rumah kontrakan di Gang Kopral Daman, Jalan Raya Muchtar, Sawangan Baru, Depok, Jawa Barat, pada Rabu (18/11/2020). 

Polisi sudah menerjunkan tim identifikasi untuk mendalami temuan tersebut. 

Sukiswo (60), pemilik kontrakan sekaligus orang pertama yang menemukan tulang itu, mengisahkan awal-mula penemuannya. 

Ia bilang, mula-mula istrinya memintanya memperbaiki toilet rumah kontrakan itu karena tersumbat. 

"Tapi, setelah saya lihat, ada ubin lantai yang warnanya beda. Maka saya curiga dengan lantai itu," kata Sukiswo kepada wartawan, Rabu malam. 

"Saya cek, saya pukul-pukul, memang kopong, sehingga saya putuskan untuk membongkarnya," lanjutnya. 

Dilansir kompas.com, pembongkaran dimulai sekira pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

Setelahnya, Sukiswo berhenti sejenak untuk menunaikan shalat ashar dan melakukan aktivitas lain. Ia kemudian melanjutkan pembongkaran setelah shalat magrib. 

"Setelah sekian dalam itu tidak ditemukan apa-apa, tapi setelah kita lihat ada semen dan sampah semen yang tidak lengket dengan tanah, ini mencurigakan buat saya. Akhirnya saya lanjutkan gali lagi," ungkap Sukiswo. 

"Begitu saya goyang-goyangkan linggis, ada bau. Setelah itu saya lapor ke Pak RT dan RW," kata Sukiswo. 

"Baru setelah dilanjutkan menggali sedikit lagi, kelihatan ada seperti dengkul, tapi belum pasti, tapi kelihatannya seperti itu (dengkul)," imbuhnya. 

Kapolsek Sawangan, Kompol Sutrisno mengonfirmasi temuan Sukiswo dengan mengerahkan personel ke lokasi untuk melakukan pendalaman. 

"Tim langsung mengolah TKP (tempat kejadian perkara) tersebut, memastikan apakah yakin laporan ini sesuai, ternyata ketika kami dalami, indikasinya mengarah ke sana (tulang manusia)," ujar Sutrisno, Rabu malam. 

Ia mengungkapkan, benda diduga kuat tulang manusia itu ditemukan pada kedalaman 75-100 sentimeter di bawah ubin toilet rumah kontrakan. 

Meski demikian, ia belum dapat memaparkan secara lebih detail karena tim identifikasi juga masih bekerja. 

"Sepertinya tadi bagian sikut tangan. Masih digali, baru kelihatan sedikit," kata dia. 

"Kami masih mengolah dengan tim lengkap ya, dengan tim identifikasi nanti agar mengetahui lebih lanjut perkembangan temuan mayat yang ada di TKP ini," tutup Sutrisno. (Jo)