Lintas DaerahNasional

Tubaba akan Bangun Museum Etnografi

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Untuk menjelajah peninggalan benda bersejarah yang memiliki nilai etnografi di beberapa lokasi di Sumatera, Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad, tiba di Rejang Lebong, Bengkulu, Sabtu (21/9/2019).

Kedatangan orang nomor satu di Tubaba, Provinsi Lampung ini, dalam rangka untuk pendokumentasian menyusul rencana pembangunan Museum Etnografi di Tulangbawang Barat.

Setelah diterima Bupati Rejang Lebong, Hizaji, Bupati Tubaba diajak Wakil Ketua Lembaga Adat Rejang Lebong Ahmad Faizir menyaksikan koleksi bersejarah warisan leluhur Rejang Lebong.

Sebelumnya, bupati Rejang Lebong sudah menyatakan dukungan atas rencana pendirian Museum Etnografi di Tubaba. Rejang Lebong sedang giat membangkitkan budaya dan wisata dan mencanangkan Visit 2020.

Sebelum ke Bengkulu, Bupati Umar Ahmad dan rombongan lebih dulu mejelajah benda bersejarah bernilai etnografi ke wilayah Desa Meranjat, Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan Pagar Alam, Sumsel.

Kunjungan ini dalam rangka Survey Pendokumentasian Museum Etnografi Sumatera. Dalam kunjungan tersebut, Bupati Umar datang bersama Arsitek Gede Krisna beserta pejabat eselon II Tubaba.

Di Meranjat, bupati mengunjungi rumah tertua yang usainya 150 tahun, dirumah Pangeran Sahri, dilanjutkan ke rumah zaman Belanda milik Effendi. Bupati juga diajak mengunjungi produksi kerupuk, dan belajar cara membuatnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close