Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Sumsel Lebih Maksimal Antisipasi Karhutla

Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Sumsel Lebih Maksimal Antisipasi Karhutla

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan lebih memaksimalkan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini.

“Kita sangat serius dalam menanggulangi permasalahan ini,” ujar Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Jumat (7/8/2020).

Ia mengatakan, agar Sumsel bebas asap yang disebabkan karhutla, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan puluhan miliar rupiah dalam mengantisipasi dan penanggulangan karhutla yang sering terjadi.

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk Satgas dalam pencegahan agar tidak terjadi kabut asap seperti pada tahun 2015 akibat karhutla serta menyiapkan peralatan dan pemberdayaan masyarakat desa peduli api dalam mengantisipasi supaya karhutla tidak terjadi di wilayah ini.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Herman Deru, memastikan daerahnya langsung tancap gas setelah Instruksi Presiden (Inpres) terkait pembangunan, perbaikan sarana dan prasarana Piala Dunia U-20 tahun 2021 ditandatangani.

“Jika nanti Inpres turun, langsung akan diimplementasikan sesuai dengan rencana yang susun baik dari internal stadionnya, eksternalnya dan masyarakatnya, itu paling penting,” kata Herman Deru, di Palembang, Selasa (4/8/2020).

Dalam persiapan ini, ia mengharapkan dukungan dari masyarakat Sumsel agar event akbar Piala Dunia U-20, 20 Mei-11 Juni 2020 dapat terselenggara dengan sukses.

Menurutnya, dampak multi dari penyelenggaraan ini diyakini akan membawa kemajuan bagi Sumatera Selatan di masa datang. Apalagi, daerah ini sudah berpengalaman menyelenggarakan ajang single dan multievent olahraga bertaraf internasional, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asian University Games 2014, dan Asian Games 2018. (Jo)