Trump Tuding Tertular Virus Covid-19 dari Keluarga Veteran AS

Trump Tuding Tertular Virus Covid-19 dari Keluarga Veteran AS
Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menuding The Gold Star Family menularkan virus corona setelah mereka mengunjungi Gedung Putih pada 27 September lalu. The Gold Star merupakan keluarga dari para anggota veteran AS.

"Para anggota keluarga veteran itu sesekali mendekati wajah saya. Mereka ingin memeluk dan mencium saya, dan mereka melakukannya. Sejujurnya, saya tidak menyuruh mereka untuk mundur. Saya tidak bisa melakukannya," kata Trump saat diwawancarai Fox Business TV, dilansir The Guardian, Sabtu (10/10).

"Saya pun tidak dapat mundur dan berkata: 'Beri saya jarak. Saya ingin jarak 12 kaki. Tetaplah berjarak 12 kaki saat kalian berbicara," sambung Trump.

Sejauh ini, Gedung Putih belum mengungkapkan sejak kapan Trump mengidap virus corona. Trump hanya mengumumkan ia dan istrinya, Melania, positif COVID-19 pada Jumat lalu via Twitter. Meski sempat isolasi mandiri di Gedung Putih, Trump akhirnya dibawa ke rumah sakit militer Walter Rees dengan menumpangi helikopter.

Selain Trump, sejumlah pejabat di Gedung Putih dinyatakan positif corona beberapa hari terakhir setelah menghadiri acara Gold Star. Mereka memang berkumpul di dalam ruangan area Rose Garden tanpa masker.

Barulah dua hari setelahnya, Selasa (29/9), Trump berhadapan dengan pesaingnya, Joe Biden, dalam debat Pemilu AS.

Meski demikian, dugaan sumber penularan lainnya berasal dari acara pengumuman pencalonan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung. Acara itu berlangsung sehari sebelum kedatangan The Gold Star Family. Setelah acara itu, banyak pejabat Gedung Putih dan senator Partai Republik positif COVID-19.

Saat ini, Trump masih dinyatakan positif COVID-19. Namun, Trump sudah meninggalkan RS Walter Reed, mengaku kondisinya baik dan bisa menjalani aktivitas seperti biasa. Dokter Kepresidenan juga mengklaim Trump sudah tak menunjukkan gejala corona.