Internasional

Trump Tak Diundang ke Pernikahan Pangeran Harry-Megan Markle

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tampak berbeda dari pernikahan yang biasa digelar keluarga pemimpin dunia.

Biasanya pernikahan dari keluarga pemimpin dunia menjadi ajang pertemuan tidak resmi bagi para pemimpin politik dari negara-negara berpengaruh.

Namun, seperti dilansir dari BBC, Rabu (11/4/2018), keduanya memutuskan untuk tidak mengundang para pemimpin politik seperti presiden maupun perdana menteri negara sahabat.

Dengan demikian, Presiden AS Donald Trump pun tidak mendapat undangan untuk hadir dalam royal wedding tersebut.

Tidak hanya itu, pasangan ini juga tidak mengundang politisi senior Inggris seperti Theresa May dan Jeremy Corbyn.

Ternyata, keputusan tersebut diambil karena ukuran gereja yang menjadi lokasi pernikahan tidak cukup besar untuk menampung terlalu banyak tamu.

Selain itu, Pangeran Harry bukanlah calon raja utama alias hanya berada di posisi kelima di urutan calon Raja Inggris.

Sebagai perbandingan, pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 dihadiri oleh para pemimpin negara-negara sahabat dan negara-negara Persemakmuran, duta besar, figur pemimpin agama, dan banyak politisi dari seluruh dunia. William berada di urutan kedua calon Raja Inggris.

Namun, sebagai anggota keluarga kerajaan, Harry mengundang 1.200 masyarakat umum Inggris untuk hadir di Istana Windsor dalam rangkaian resepsi pernikahan. Salah satunya adalah Amelia Thompson, gadis berusia 12 tahun yang menjadi korban pengeboman konser Ariana Grande pada Mei 2017.

Pihak Istana Kensington menyatakan keputusan ini sudah diambil setelah berkonsultasi dengan pemerintah. Adapun masyarakat umum yang diundang sudah melewati pembahasan oleh aparat berwenang dan terdiri dari berbagai latar belakang serta usia.

Selain Thompson, ada pula Pamela Anomneze, warga Haringey di utara London. Dia bekerja di sebuah organisasi yang membantu orang-orang dengan kebutuhan mental khusus melalui seni dan kerajinan.

Anomneze awalnya berpikir undangan itu adalah candaan April Mop. Di acara yang digelar pada 19 Mei 2018 itu, dia akan membawa anak lelakinya yang berusia 15 tahun.

Menurut Anomneze, anaknya memohon untuk ikut pergi karena ingin melihat rupa Markle dari dekat. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close