Internasional

Trump-Putin akan Bertemu di Helsinki 16 Juli

MOSKWA, SENAYANPOST.com – Agenda pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Rusia Vladimir Putin akhirnya menyepakati tanggal pertemuan. Kremlin bersama Gedung Putih mengumumkan pertemuan akan dilangsungkan di ibu kota Finlandia, Helsinki, pada 16 Juli mendatang.

Pengumuman itu yang dilakukan serentak oleh kedua belah pihak pada Kamis (28/6/2018).

“Kesepakatan telah dicapai bahwa pada 16 Juli mendatang di Helsinki akan dilangsungkan pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump,” kata Kremlin.

Melalui pernyataan yang dirilis Gedung Putih, mengatakan pertemuan antara kedua pemimpin negara akan membahas situasi terkini dan peluang pengembangan hubungan antara Rusia dengan AS.

“Kedua pemimpin juga akan memulai pembahasan terkait berbagai masalah keamanan nasional,” tulis pernyataan Gedung Putih.

Trump pada Rabu (27/6) sempat mengatakan, pertemuan dengan Rusia yang kemungkinan anak dilakukan usai agenda pertemuan pemimpin NATO pada 11-12 Juli dan ibu kota Finlandia menjadi lokasi yang paling memungkinkan.

Pengumuman pertemuan antara Moskwa dengan Washington tersebut dicapai usai sejumlah pendekatan yang dilakukan kedua pihak.

Sebelumnya, pada Rabu (27/6), Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton telah bertemu dengan Presiden Putin di Moskwa, yang salah satunya membahas agenda pertemuan antara kedua pemimpin negara.

Asisten Kebijakan Luar Negeri Rusia, Yuri Ushakov, menyampaikan usai pertemuan Putin dengan Bolton, bahwa agenda pertemuan tingkat tinggi akan dilangsungkan di negara pihak ketiga dan waktu pertemuan beberapa pekan ke depan karena perlunya persiapan.

Agenda pertemuanya dengan Putin tersebut juga berurutan dengan rencana kunjungan Trump ke Inggris, yang dijadwalkan bakal bertemua Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Theresa May pada 12-14 Juli, demikian dikutip dari AFP dan Channel Asia News. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close