Internasional

Trump Pecat Penasihat Keamanannya Lewat Twitter

WASHINGTON D.C., SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump memecat penasihat keamanan nasional Amerika Serikat, John Bolton, yang kerap berselisih pandangan soal kebijakan keamanan AS.

Langkah ini dipandang semakin mendorong Trump untuk berunding dengan rival-rival AS di Afghanistan, Korea Utara (Korut) dan wilayah-wilayah konflik lainnya.

“Saya meminta John menyerahkan surat pengunduran diri, yang kemudian diberikan kepada saya pagi ini,” kata Trump melalui Twitter.

Trump kemudian mengatakan bahwa ia akan mengumumkan sosok pengganti Bolton pada pekan depan, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Kabar ini mencuat tak lama setelah Trump memutuskan untuk membatalkan pertemuan rahasianya dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, dan kelompok pemberontak Taliban pada akhir pekan lalu.

Bolton, penasihat garis keras soal kebijakan luar negeri, sebelumnya mendesak presiden untuk terus menekan Korea Utara meskipun ada upaya diplomatik.

Bolton, yang bersikap keras terhadap Iran, menolak usulan Trump tentang kemungkinan pertemuan dengan pemimpinan Iran. Dia juga menganjurkan pendekatan yang lebih keras terhadap Rusia dan Afghanistan.

Selama ini, AS bertindak sebagai penengah perundingan damai antara Afghanistan dan Taliban demi mengakhiri perang berkepanjangan di negara tersebut. Bolton sendiri merupakan veteran dan sosok kontroversial yang kerap dikaitkan dengan invasi Irak dan keputusan luar negeri agresif AS lainnya.

Ia dilaporkan tidak menentang sikap Trump saat berhadapan dengan Taliban dan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Menurutnya, Trump terlalu dramatis, tapi selalu tersandung.

Bolton merupakan pejabat keempat yang menjabat Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun terakhir. (AR)

 

KOMENTAR
Tags
Show More
Close