Internasional

Trump Konfirmasi Pertemuan Bos CIA dengan Kim Jong-un

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Direktur CIA, Mike Pompeo ternyata secara diam-diam telah bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. Pertemuan itu dibenarkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Pompeo, yang merupakan calon Menteri Luar Negeri AS diam-diam telah menyambangi Korut selama libur Paskah untuk bertemu dengan Jong-un. Pompeo diketahui hanya mengajak sejumlah pejabat intelijen dengannya dalam perjalanan tersebut.

Melalui akun Twitternya, Trump menuturkan, pertemuan itu berlangsung pada pekan lalu dan pertemuan itu dilaksanakan di Ibu Kota Korut, Pyongyang. Tujuan pertemuan itu adalah untuk membahas rencana pertemuan tingkat tinggi AS-Korut.

“Mike Pompeo bertemu dengan Kim Jong Un di Korut minggu lalu. Pertemuan berjalan dengan sangat lancar dan hubungan yang baik terbentuk. Rincian KTT sedang dikerjakan sekarang. Denuklirisasi akan menjadi hal yang hebat bagi dunia, tetapi juga bagi Korut,” kicau Trump, seperti dilansir Reuters pada Rabu (18/4).

Sementara itu, sebelumnya Trump mengatakan Washington dan Pyongyang telah melakukan kontak di tingkat pejabat tinggi dan bahwa lima lokasi sedang dipertimbangkan sebagai pertemuan puncak dengan pemimpin Jong-un.

“Itu mungkin terjadi pada awal Juni atau sebelum itu dengan asumsi hal-hal berjalan dengan baik. Ada kemungkinan hal-hal tidak akan berjalan dengan baik dan kami tidak akan mengadakan pertemuan dan kami akan terus melanjutkan di jalur yang telah kami ambil,” ujarnya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close