Internasional

Trump Kabulkan Permintaan Kim Kardashian

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Permintaan bintang reality show Kim Kardashian agar Presiden AS Donald Trump mengubah kebijakan terhadap seorang wanita dengan hukuman penjara seumur hidup atas kasus narkoba, akhirnya dikabulkan.

Kim baru-baru ini diketahui berkunjung ke Gedung Putih untuk membahas isu reformasi tahanan kriminal.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Presiden Trump melalui juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, Rabu (6/6).

Alice Marie Johson (63), nama tahanan wanita tersebut, berkesempatan untuk mendapat pembebasan bersyarat, setelah lebih dari dua dekade hidup di balik jeruji penjara.

Dikutip dari Time.com pada Kamis (7/6/2018), Alice tercatat sebagai tersangka kasus narkoba tanpa kekerasan, yang berdasarkan temuan bukti pengacaranya, terjebak oleh sindikat perdagangan obat-obatan terlarang.

Oleh beberapa pengamat hukum, lama kurungan penjara yang dijalani Alice disebut melebihi apa yang seharusnya ia terima, sehingga merusak kesempatan dirinya untuk hidup normal.

Kisah pergulatan hukum yang dialami oleh Alice kemudian terdengar oleh Kim Kardashian, yang sejak satu tahun terakhir berupaya melakukan advokasi untuk mendapatkan hukuman penjara yang sesuai.

Istri dari rapper Kanye West itu menilai bahwa hukuman yang diterima oleh Alice berlebihan.

Ada dua alasan utama mengapa Kim Kardashian susah payah memperjuangkan isu terkait, yakni pertama karena Alice ditangkap tanpa terbukti melakukan kekerasan, sebagaimana yang biasa terjadi pada kasus narkoba.

Adapun alasan kedua, karena Alice adalah korban yang terjebak dalam pusaran perdagangan kokain, namun dijatuhi hukuman penjara serupa tahanan kelas kakap.

Langkah pembahasan reformasi tahanan penjara oleh Presiden Donald Trump muncul di tengah “tren pengampunan” yang dilakukan oleh pemerintahannya, menyusul serangkaian advokasi melalui kalangan konservatif, selebritas, dan beberapa tokoh publik lainnya.

Para pejabat terkait mengaku tidak bisa membahas lebih jauh keputusan Presiden Trump, dikarenakan revisi terhadap hal tersebut belum diumumkan oleh Gedung Putih.

Sebelumnya, isu reformasi hukuman penjara di Amerika Serikat kerap bentrok dengan pendekatan hukum dan peraturan presiden, terutama di Departemen Kehakiman.

Selama ini, khusus untuk kasus narkoba, pemerintahan Presiden Donald trump menyerukan penegakan hukum yang lebih ketat, termasuk mengusulkan beberapa tahanan khusus harus menerima hukuman mati.

Kim Kardashian membahas isu reformasi hukuman penjara dengan Presiden Donald Trump dalam sebuah agenda tertutup di Gedung Putih pada 31 Mei lalu. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close