Internasional

Trump Isyaratkan Bakal Kunjungi Afghanistan

FLORIDA, SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi isyarat bakal mengunjungi Afghanistan, salah satu tempat perang terpanjang negara adikuasa itu. Kunjungan Trump itu bakal menjadi yang pertama kalinya karena Afghanistan menjadi negara yang belum pernah dikunjungi Trump hampir dua tahun kepresidenannya.

Menyampaikan pesan libur Hari Thanksgiving melalui telekonferensi kepada pasukan di Afghanistan, Trump mengatakan kepada seorang Jenderal Angkatan Udara AS bahwa dia akan melihatnya kembali di Amerika Serikat, sebelum menambahkan, “Atau mungkin saya bahkan akan melihat Anda di sana. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” seperti dilansir dari Reuters, Kamis (22/11).

Pimpinan komandan AS baru-baru ini secara rutin mengunjungi pasukan di zona perang aktif tetapi perjalanan semacam itu biasanya diselubungi rahasia demi alasan keamanan.

Trump belum melakukan kunjungan sejauh ini, meskipun Wakil Presiden Mike Pence membuat perjalanan kejutan ke Pangkalan Udara Bagram Desember lalu untuk mengunjungi pasukan AS.

Amerika Serikat memiliki sekitar 14.000 pasukan di Afghanistan, yang bertugas dalam pelatihan dan penasehat dalam misi yang dipimpin NATO serta dalam operasi kontra-terorisme yang terpisah terhadap kelompok-kelompok militan seperti Negara Islam (ISIS).

Pasukan AS tiba di Afghanistan pada 2001 sebagai bagian dari kampanye untuk menggulingkan Taliban menyusul serangan 11 September di Amerika Serikat.
(WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close