Internasional

Trump Ingin Bertemu dengan Kim Jong-un di Panmunjom

WASHINGTON DC, SENAYANPOST.com – Lokasi pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un belum ditentukan. Namun, Trump menyiratkan memakai Panmunjom yang berada di Korsel.

“Banyak negara dipertimbangkan. Namun, bisakah Rumah Perdamaian menjadi lokasi paling penting, abadi, dan representatif? Hanya bertanya!” kata Trump dalam Twitternya seperti diberitakan Yonhap, Senin (30/4).

Desa di zona demiliterisasi itu menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea antara Korsel dan Korut pekan lalu (27/4).

Sebelum dia menuliskan kicauan tersebut, sempat beredar isu kalau tuan rumah pertemuan Trump dan Kim mengerucut ke dua negara, yakni Singapura dan Mongolia.

Untuk Singapura menjadi pilihan selain infrastruktur dan keamanan lebih baik, negara itu juga masih bisa dijangkau oleh Korut.

Kemudian, Singapura juga pernah menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah dua negara yang berseteru, yakni China dan Taiwan di November 2015.

Namun, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong berkata kalau dia masih belum menerima permintaan dari AS maupun Korut.

“Lokasi pertemuan itu harus disetujui baik oleh Korut maupun AS. Dan saya ragu mereka telah mencapai kesepakatan itu,” kata Lee.

Indonesia kemudian menawarkan diri sebagai lokasi pertemuan Kim dan Trump yang dijadwalkan dihelat Mei atau awal Juni tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Senin.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Korut An Kwang Il, dan Duta Besar Korsel Kim Chang Beom.

“Kami menawarkan, apabila ada rencana pertemuan antara Pemimpin Kim Jong-un dengan Presiden Donald Trump, bisa dilaksanakan di Indonesia. Kami tawarkan itu,” ujar Presiden. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close