Trump Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian 2021

Trump Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian 2021
Donald Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dinominasikan untuk Penghargaan Nobel Perdamaian 2021. Nominasi ini diajukan oleh anggota Parlemen Norwegian, Christian Tybring-Gjedde.

Gjedde mengatakan Trump berjasa dalam menengahi kesepakatan damai dan normalisasi hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab pada Agustus lalu.

"Atas jasanya, saya pikir dia telah melakukan banyak upaya untuk menciptakan perdamaian antarnegara daripada mayoritas nominasi Penghargaan Nobel Perdamaian lainnya," kata Gjedde, dilansir dari Fox News, Rabu, 9 September 2020.

Gjedde yang juga adalah ketua delegasi Norwegia untuk Majelis Parlemen NATO juga mengajukan nominasi untuk Trump pada 2018 silam. Kala itu, Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Dalam nominasi dua tahun lalu tersebut, Trump tidak memenangkan penghargaan itu. Trump sebelumnya menyiratkan jika ia pantas mendapatkan hadiah tersebut. Terlebih setelah Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed memenangkan penghargaan itu pada 2019.

Dalam pidatonya di Januari 2020, Trump mengklaim bahwa dirinya kunci dalam menengahi perdamaian di Afrika, bukan Ahmed. Karenanya, ia tidak mengucapkan selamat secara resmi pada pemimpin Ethiopia itu.

Lebih dari 300 individu dan organisasi telah dinominasikan untuk penghargaan 2020. Jumlah nominasi ini terbanyak yang pernah ada. Pemenang penghargaan tersebut akan diumumkan Oktober mendatang.

Nominasi dapat diajukan oleh siapa saja yang memenuhi kriteria. Nantinya, Komite Nobel Norwegia menentukan pemenangnya.

Sementara itu, Penghargaan Nobel Perdamaian 2021 akan diumumkan pada Oktober 2021. Namun, kala itu Trump telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai presiden jika ia tidak terpilih kembali di pemilihan presiden 2020.

Barack Obama, yang merupakan pendahulu Trump pernah memenangkan penghargaan internasional tersebut pada 2009.