Ekonomi

Trump Dimakzulkan DPR AS, Sri Mulyani: Tak Pengaruhi Ekonomi RI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai proses pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia.

“Mungkin tidak (berpengaruh) karena itu sudah cukup lama prosesnya, kita lihat saja,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (19/12).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menekankan Indonesia menghormati proses politik yang terjadi di AS.

“Proses politik yang di Amerika kita hormati saja,” ujarnya.

Dampak Global

“Pagi ini keputusan di AS dr kongres di AS untuk impeachment ke Presiden Trump. Ini akan berikan ketidakpastian yang tinggi tentu akan pengaruh ke kepercayaan pelaku ekonomi dan pelaku konsumen,” ujar Sri Mulyani.

Menurutnya, tergganggunya kepercayaan diri pelaku ekonomi lantaran muncul ketidakpastian maka akan akan turut berimbas pada konsumsi.

“Kalau tidak pasti itu mereka akan menahan. Kalau dari pelaku usaha akan menahan investasinya karena mereka tidak yakin ekonomi akan membaik,” tuturnya .

“Confindent akan pengaruhi keputusan dan kalau menahan tentu akan pengaruhi pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Trump resmi menjadi pemimpin AS ketiga yang menghadapi proses pemakzulan setelah Dewan Perwakilan sepakat mendakwa dengan dua pasal pada Rabu (18/12) malam waktu setempat.

“Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi negara ini. Tindakan ceroboh Presiden (Trump) mengharuskan kami mengajukan pasal pemakzulan,” kata Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, di Gedung Capital.

Selanjutnya, nasib Trump akan ditentukan dalam hasil sidang Senat. Senat, yang didominasi Partai Republik, membutuhkan suara minimal dua pertiga untuk benar-benar memakzulkan dan mendepak Trump dari Gedung Putih.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close