Internasional

Trump Bertemu Kim Jong-un Tiga Minggu Lagi

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebutkan waktu pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bisa jadi berlangsung dalam tiga atau empat minggu ke depan. Dilansir dari BBC, Minggu (29/4), Trump tampak antusias dengan rencana tersebut.

“Ini akan menjadi pertemuan yang sangat penting, denuklirisasi di semenanjung Korea,” ucapnya.

Dia pun berharap negosiasi mengenai denuklirisasi semenanjung Korea bisa berjalan sukses. Namun, Trump menambahkan bahwa dia siap untuk pergi jika pembicaraan tidak berhasil. Sejauh ini, Korea Utara belum mengomentari secara terbuka pernyataan terbaru Trump.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa dia telah melakukan pembicaraan yang baik dengan pemimpin Korut di Pyongyang baru-baru ini.

Pada Jumat (27/4), Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In juga setuju untuk bekerja untuk membersihkan semenanjung dari senjata nuklir.

Pertemuan puncak antar pemimpin Korea di perbatasan terjadi hanya beberapa bulan setelah retorika yang seakan memancing perang dari Korea Utara.

Jong-un menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak akhir Perang Korea pada tahun 1953.

Selama bertahun-tahun, Pyongyang bersikeras bahwa mereka tidak akan pernah menyerahkan persenjataan nuklirnya, yang diklaimnya perlu mempertahankan diri terhadap agresi dari AS.

Secara terpisah, Pompeo juga mengatakan kepada ABC News bahwa Jong-un siap untuk meletakkan peta yang akan mencapai kesepakatan denuklirisasi. Pompeo menggambarkan pemimpin Korea Utara terlihat “sangat siap” selama pembicaraan mereka di Pyongyang.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya, dua tempat potensial itu adalah Singapura dan Mongolia. Namun, PM Singapura Lee hsien Loong menyatakan negaranya belum menerima surat resmi terkait penyelenggaraan KTT tersebut. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close