Internasional

Truk Tangki Terguling dan Meledak, 58 Orang Tewas

NIAMEY, SENAYANPOST.com – Setidaknya 58 orang tewas setelah sebuah truk tangki yang membawa muatan bahan bakar terguling dan meledak di ibu kota Nigeria, Niamey, pada Minggu (5/5/2019) malam.

Ledakan terjadi setelah kerumunan orang berkumpul di lokasi tergulingnya truk tangki untuk mengumpulkan muatan bahan bakar yang tumpah, menimbulkan jumlah korban yang tinggi.

Dilansir AFP, insiden kecelakaan dan ledakan truk tangki bahan bakar itu terjadi di rute RN1 yang dekat dengan bandara internasional Nigeria.

Tak hanya menghancurkan truk tangki, ledakan yang kuat juga membakar kendaraan bermotor dan puing-puing berserakan di jalan. Puing yang terbakar dan terlempar juga menyebabkan kebakaran pada rumah-rumah di sekitar lokasi ledakan.

“Tepat sebelum tengah malam, saya keluar dan melihat truk yang terguling di samping jalur kereta api. Orang-orang berdatangan dan berkumpul untuk mengambil muatan bahan bakar yang tumpah,” kata saksi mata kepada AFP.

“Tak lama setelahnya saya melihat api dan kemudian ledakan terjadi. Semuanya terbakar,” tambahnya.

Presiden Nigeria Mahamadou Issoufou dilaporkan telah mengunjungi para korban luka yang dirawat di rumah sakit di ibu kota.

Sementara Perdana Menteri Brigi Rafini dan Menteri Dalam Negeri Mohamed Bazoum telah mendatangi lokasi insiden dan menggambarnya sebagai sebuah tragedi yang nyata.

Bazoum mengatakan, insiden bermula dari truk bahan bakar yang terguling saat hendak parkir. Tumpahan muatan bahan bakar mengundang orang-orang untuk berkumpul dan mengumpulkannya.

“Kemungkinan salah seorang pengendara sepeda motor tidak mematikan mesin kendaraan mereka sehingga terjadi percikan api yang memicu ledakan besar,” kata menteri, seperti dikutip Kompas.com.

Selain 58 korban tewas, Bazoum mengatakan sebanyak 37 orang mengalami luka dengan sebagian besar menderita luka bakar serius. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close