Bulu Tangkis

Tragis, Ganda Putri Ranking 1 Dunia Tak Lolos Final Tur BWF

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nasib tragis dialami pemegang ranking 1 dunia ganda putri asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Mereka dipastikan gagal lolos ke final Tur Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF di detik-detik akhir jelang partai puncak itu digelar.

Yuki/Sayaka dipastikan gagal terbang ke Kota Guangzhou, China pada 12 Desember 2018, untuk memperebutkan hadiah total 1,5 juta dolar AS. Karena penyebab yang sangat menyakitkan.

Penyebab pertama, mereka tergusur dari ranking 1 Tur BWF, setelah tiba-tiba peringkat 1 itu dirampas rekan senegaranya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi di akhir pekan 48 atau pekan terakhir pengumpulan poin jelang final Tur BWF digelar.

Meski secara resmi BWF belum mengeluarkan daftar ranking terbaru yakni perolehan poin di pekan 48. Tapi, koleksi poin Yuki/Sayaka sudah pasti terlampaui oleh raihan poin Misaki/Ayaka.

Sebab, di pekan 47, raihan poin keduanya hanya berjarak kurang dari 1000 poin. Yuki/Sayaka memiliki poin sebanyak 95.900 sedangkan Misaki/Ayaka memiliki poin sebanyak 95.010.

Tapi, poin Yuki/Sayaka dipastikan tidak bertambah lagi meski nanti BWF merilis daftar ranking tur BWF pekan 48. Sebab, mereka tak turun di turnamen terakhir di Syed Modi 2018.

Sementara, Misaki/Ayaka turun di turnamen itu dan berhak mendapatkan poin sebesar 1.670. Poin itu didapatkan dari hasil bertanding di babak I atau 32 besar. Dengan tambahan poin dari Syed Modi 2018 itu, maka raihan poin Misaki/Ayaka bertambah jadi 96.680 poin.

Dengan raihan poin sebanyak itu, secara otomatis ranking Misaki/Ayaka naik 1 peringkat dan mengkudeta ranking 1 Tur BWF yang sejak di pekan 44 dikuasai Yuki/Sayaka.

Memang, Yuki/Sayaka masih bercokol di ranking 2. Dan jika berkaca pada aturan yang diterbitkan BWF secara ranking mereka harusnya bisa lolos ke final. Sebab, yang berhak melaju ke final Tur BWF hanyalah pebulutangkis yang berada di ranking 8 besar di semua kategori.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close