Tradisi Baru di Tengah Pandemi, Juara Olimpiade Tokyo Kalungkan Sendiri Medalinya

Tradisi Baru di Tengah Pandemi, Juara Olimpiade Tokyo Kalungkan Sendiri Medalinya

TOKYO, SENAYANPOST.com -  Ini kabar terbaru dari perhelatan Olimpiade di Olimpiade Tokyo, Jepang. Mulai minggu depan, par ajuara olimpiade tidak akan menerima pengalungan medali yang digantung di leher mereka saat mereka berdiri di podium dan berjabatan tangan dengan pejabat ketika upacara penyerahan medali.

Menurut Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, medali tidak akan diberikan di leher.

Sebagai gantinya, seperti dilansir Reuters, Rabu (14/7/2021),  tiga medali akan disajikan di atas nampan kepada para atlet di podium dan mereka kemudian harus menggantungnya di leher mereka sendiri di depan tribun kosong. Juga tidak akan ada jabat tangan atau pelukan.

Dia menambahkan, medali akan disajikan kepada atlet di atas nampan dan atlet akan mengambil medalinya sendiri.

"Dipastikan orang yang akan meletakkan medali di nampan akan melakukannya dengan sarung tangan disinfektan. Presenter dan atlet akan memakai masker. Tidak akan ada jabat tangan dan pelukan selama upacara," tambahnya.

Data Reuters menunjukkan, saat ini Tokyo memberlakukan keadaan darurat hingga setelah Olimpiade berakhir pada 8 Agustus. Kota ini mencatat 1.149 kasus Covid-19 baru pada hari Rabu, terbesar dalam hampir enam bulan.

Olimpiade telah kehilangan banyak dukungan publik di Jepang karena kekhawatiran ajang ini akan memicu gelombang infeksi meskipun tidak ada penonton yang diizinkan masuk ke tempat-tempat olahraga dan ada langkah-langkah kesehatan yang ketat untuk semua peserta Olimpiade. (Jo)