Tower 5 RSD Wisma Atlet Mulai Dioperasikan

Tower 5 RSD Wisma Atlet Mulai Dioperasikan
RS Wisma Atlet

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tower 5 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dibuka malam ini, Jumat, 11 September 2020. Persiapan pembukaan telah dilakukan usai semua petugas medis dan keamanan melakukan simulasi.

"Kesiapannya hari ini sudah clear, kita mengadakan simulasi untuk pasien-pasien bagaimana urutan-urutannya, sampai dirawat di sini bagaimana," kata Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet, Letkol TNI AL M Arifin, di lokasi, Jakarta, Jumat, 11 September 2020

Jumlah pasien covid-19 di DKI Jakarta, khususnya di Wisma Atlet, memang meningkat secara statistik. Melihat itu, pemerintah mengambil kebijakan untuk memperluas fasilitas isolasi mandiri dan juga menampung pasien yang terkonfirmasi positif. Salah satunya dengan membuka Tower 5 Wisma Atlet.

"Apabila sore atau nanti malam kita sudah buka (Tower 5), kita sudah ready menerima pasien yang datang ke rumah sakit darurat wisma atlet," kata Arifin.

Pemerintah mengubah Tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, menjadi lokasi isolasi mandiri untuk masyarakat yang terpapar virus korona. Dua bangunan tersebut untuk masyarakat yang lingkungannya minim protokol kesehatan.

"Pemerintah akan menyiapkan flat isolasi mandiri bagi warga yang positif covid-19 tapi tak memiliki tempat," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, Jakarta, Jumat, 4 September 2020.