Tour de France 2020 Dinodai Skandal Doping, Dua Orang Ditahan

Tour de France 2020 Dinodai Skandal Doping, Dua Orang Ditahan
Gambaran suasana Tour de France. (foto SINDOnews)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ajang bergengsi balap sepeda tahunan Tour de France 2020 ternodai oleh skandal doping oleh pesertanya.

Sebuah laporan menyebut Kepolisian Prancis menggeledah kamar hotel peserta dan menemukan barang bukti berupa obat dan alat suntik yang diduga digunakan untuk doping. Sebanyak dua orang ditahan atas kasus tersebut. 

Menurut laporan Inside The Games, dua orang yang ditahan polisi adalah dokter dan fisioterapis. Adapun, salah satu kamar yang digeledah dihuni oleh Nairo Quintana dari tim balap Arkea-Samsic.

Jaksa penuntut dari Marseille, Dominique Laurens, mengonfirmasi kepada Asoiasi Pers Prancis, bahwa penyelidikan terkait dugaan skandal doping di Tour de France 2020 tengah dilakukan. Federasi Sepeda Internasional (UCI) menyambut positif investigasi polisi.

“Ditemukan banyak obat-obatan, terutama yang mengarah pada doping,” kata Dominique Laurens, Selasa (22/9/2020).

Sekadar informasi, Tour de France 2020 dimenangkan pembalap Slovenia dari tim UEA (Team Emirates), Tadej Pogacar, dengan merebut tiga jersey sekaligus. Pogacar menjadi pembalap Slovenia pertama yang mencapai prestasi tersebut.