Internasional

Topan Amanda Terjang Amerika Tengah, 20 Orang Tewas

SAN SALVADOR, SENAYANPOST.com – Hujan deras akhir pekan yang dipicu Badai Tropis Amanda  menewaskan sedikitnya 20 orang di Amerika Tengah. Demikian disampaikan pihak berwenang pada Senin, (1/6/2020).

Sisa-sisa badai itu telah bergerak ke arah utara menuju Meksiko dan berpotensi membentuk topan baru.

Komisi Nasional Perlindungan Sipil mengatakan, sebagian besar korban jiwa berada di El Salvador, di mana Badai Amanda menyebabkan 15 korban tewas dan tujuh lainnya hilang, serta menghancurkan ratusan rumah dan merusak jalanan.

Carolina Recinos, Staf Senior Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengatakan bahwa Amanda telah memuntahkan “hampir 10 persen” curah hujan tahunan di negara itu dalam waktu yang relatif singkat, demikian diwartakan Reuters.

Di Guatemala, para pejabat melaporkan kematian dua orang akibat badai itu, termasuk seorang bocah lelaki berusia sembilan tahun. Hujan menewaskan sedikitnya tiga orang di Honduras, termasuk seorang saudara lelaki dan perempuan dalam sebuah mobil yang tersapu ke sungai.

Menurut keterangan Pusat Topan Nasional Amerika Serikat (NHC), pada Senin sore, sisa-sisa badai Amanda terpantau di sisi barat semenanjung Yucatan Meksiko dan diperkirakan bergerak ke barat ke Teluk Campeche, daerah penghasil minyak utama. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close