NasionalPolitik

Tommy Soeharto Keluar Gelanggang

 

Kamis 05 May 2016, 12:14 WIB

Elvan Dany Sutrisno – detikNews

Jakarta – Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) sempat diisukan bakal maju sebagai caketum Golkar. Namun demikian sampai detik terakhir pendaftaran caketum Golkar, putra bungsu Presiden RI ke-2 Soeharto ini tak kunjung mendaftarkan diri.

Saat pendaftaran caketum Golkar ditutup Rabu (4/5/2016) malam, hanya ada delapan caketum yang sudah mendaftar. Delapan bakal caketum yang mendaftar selama dua hari adalah Aziz Syamsudin, Mahyudin, Setya Novanto, Ade Komarudin, Syahrul Yasin Limpo, Airlangga Hartarto, Indra Bambang Utoyo, dan Priyo Budi Santoso. Tak ada Tommy atau pun timnya yang datang mendaftar sampai last minute.

Tommy Soeharto memang sempat diisukan santer bakal maju menjadi salah satu caketum Golkar. Apalagi Tommy juga pernah mengikuti pembahasan awal soal Munaslub Golkar pada tahun 2015 silam. Namun dengan tak mendaftarkan diri, sudah jelas putra Cendana ini keluar gelanggang.

Sinyal Tommy tak maju di Munas Golkar sebenarnya sudah terlihat saat Tommy tak menghadiri acara sosialisasi caketum Golkar yang digelar panitia Munaslub pada Senin (2/5/2016) kemarin. Meja Tommy Soeharto kosong melompong, saat caketum lain membawa lima orang timsesnya di sosialisasi caketum Golkar itu.

Ke mana Tommy Soeharto setelah keluar gelanggang pertarungan caketum Golkar di Munaslub? Rasanya sudah jelas Tommy akan bertarung dari balik layar dengan mendukung salah satu caketum Golkar. Salah satu caketum yang sudah menggelar pertemuan dengan Tommy adalah Ade Komarudin yang kini duduk sebagai Ketua DPR RI. Ade memang telah membuat kesepakatan dengan Tommy untuk membebaskan Golkar dari tangan kotor yang ingin menghancurkan Golkar. Selain Tommy, kakaknya yakni Titiek Soeharto juga terlihat beberapa kali ikut acara sosialisasi Ade Komarudin.

Sebagian orang di Golkar memang menilai dukungan keluarga Cendana penting untuk caketum, namun demikian tak sedikit yang mempertanyakannya. Chief Executive Officer (CEO) Cyrus Network Hasan Nasbi menilai kekuatan trah Cendana di infrastruktur Golkar tinggal mitos, namun beda cerita soal logistik yang jelas sangat kuat.

Jejak politik Tommy Soeharto sebenarnya cukup menarik, namanya memang cukup sering muncul menjelang Munas Golkar. Tommy Soeharto sempat akan maju dalam bursa pemilihan calon ketua umum dalam Munas Golkar yang digelar di Riau tahun 2009 laly Hanya saja, untuk maju sebagai caketum, seorang kader harus memperoleh dukungan dalam jumlah tertentu dari peserta kongres. Saat itu Tommy kekurangan dukungan.
Gagal mengambil Golkar 1, Tommy tak begitu saja menyerah. Awal tahun 2012 Tommy mendirikan Partai Nasional Republik (Nasrep). Lagi-lagi langkah putra bungsu Soeharto itu gagal. Partai Nasrep tak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum untuk menjadi peserta Pemilu 2014.

Di tengah kisruh perpecahan Golkar, Tommy muncul kembali. Pada tahun 2015 silam dia mengusulkan penyelenggaraan munas luar biasa (munaslub) untuk membahas islah. Pembahasan tentang Munaslub ini muncul saat pertemuan antara Tommy Soeharto dan Aburizal Bakrie yang juga dihadiri oleh Ade Komarudin, Fuad Hasan Mansyur, Titiek Soeharto dan Akbar Tandjung.

Lalu manuver apa lagi yang akan dilakukan putra Soeharto ini di Munaslub Golkar? (van/nrl)

Sumber:

http://news.detik.com/berita/3204308/tommy-soeharto-keluar-gelanggang

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close