Lintas DaerahTak Berkategori

Tolak Akuisisi Pertagas, Ratusan Pekerja Pertamina Plaju Unjuk Rasa

PALEMBANG, SENAYANPOST.com – Ratusan Serikat Pekerja Pertamina (SPP) Refinery Unit-III Plaju Palembang, Sumatera Selatan, berunjuk rasa menolak akuisisi pertagas oleh perusahaan Gas Negara (PGN), Senin (9/7/2018).

Dalam aksi ini sedikitnya ada 200 Serikat Pekerja Pertamina berkumpul di depan kilang minyak pertamina plaju, menyuarakan aspirasi mereka lengkap dengan seragam operasional mereka.

“Kami menolak akuisisi pertagas oleh PGN,” ujar Ketua SPP RU-III Dicky Firmansyah, di Palembang.

Menurutnya, penolakan akuisisi pertagas oleh PGN ini, karena melanggar konstitusi mengenai kepemilikan negara terhadap sumber daya alam dan kami meminta akuisisi tersebut segera dihentikan.

Skema akuisisi yang dilakukan, kata dia, tidak menjamin dominasi penguasaan negara sesuai amanat konstitusi, dimana perusahaan yang 43,036 persen sahamnya dimiliki publik atau swasta mengakuisisi perusahaan yang 100 persen milik Negara.

Ia menyebut, pertagas sebagai perusahaan yang sehat dan memiliki proyeksi keuntungan bisnis, 100 persen sahamnya berpotensi divaluasi nilainya menjadi lebih rendah dari nilai seharusnya, terutama jika terdapat oknum-oknum pengambil keputusan bermain dengan pihak-pihak yang ingin mengeruk keuntungan bisnis nasional.

Pihaknya mengamati proses konsolidasi melalui akuisisi pertagas oleh PGN dilakukan terburu-buru hanya berdasarkan opsi yang tercepat tanpa memperhatikan kajian-kajian aspek terkait secara komprehensif seperti organisasi, kelembagaan dan SDM.

“Kami ingin aspirasi ini didengar oleh perusahaan. Kami juga siap melakukan aksi indsutrial yang diperlukan jika tidak ada tanggapan dari perusahaan, dan kepada seluruh karyawan kami tetapkan status siaga satu,” tegasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close