Transportasi

Tol Layang Cikampek Banyak Akses Darurat, Apa Saja?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mulai 20 Desember 2019 tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek II akan beroperasi untuk umum. Jalan tol ini membentang dari Cikunir-Karawang Barat sepanjang 36 kilometer (Km).

Rasa penasaran calon pengguna tentu muncul, terutama soal akses keluar saat terjadi kondisi darurat yang tak diinginkan ketika berada di jalan tol layang.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menjelaskan pihaknya menyiapkan banyak akses darurat saat terjadi kondisi genting.

Pertama, sudah disiapkan titik tempat putar balik kendaraan atau u-turn. Jumlahnya sebanyak 8 titik, artinya bila dibagi rata-rata, setiap jarak 4,5 km ada satu u-turn yang memungkinkan kendaraan bisa putar arah dalam kondisi darurat.

“Ada delapan u-turn ada di km 13, km 17, km 21, km 24, km 28, km 31, km 36, km 38,” kata Djoko kepada CNBC Indonesia, Senin (9/12).

Fungsi u-turn ini tak hanya untuk alternatif kendaraan berbalik arah, tapi bisa untuk aktivitas contra flow bila nanti dibutuhkan dalam kondisi tertentu atau volume kendaraan sangat padat.

Kedua, sudah disiapkan tangga darurat bagi akses orang yang lokasinya persis di setiap lokasi u-turn. Tangga darurat ada di dua sisi masing-masing lajur tol layang.

Ketiga, sudah disiapkan lokasi emergency parking bay. Lokasinya ada pada dua lajur tol layang. Untuk ke arah timur (Jakarta-Karawang), lokasi parkir darurat ada di km 20 dan km 41. Juga ada arah barat (Karawang-Jakarta), yang lokasinya berada di km 39 dan km 22

“Juga masing-masing ada tangga daruratnya,” kata Djoko.

Namun, Djoko mengakui akses darurat bagi kendaraan untuk keluar dari tol layang memang hanya dari ujung ke ujung, artinya akses keluar masuk kendaraan hanya ada di Cikunir atau Karawang Barat. Jasa Marga tak menyediakan akses keluar atau bukaan kendaraan dengan akses turun dari tol layang selain dua titik masuk atau keluar tadi.

“Iya. Tidak ada bukaan sampai saat ini,” katanya. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close