Transportasi

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan Jokowi Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tol Kunciran-Serpong dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat hari ini (6/12/2019). Peresmian ini menyusul rampungnya konstruksi ruas yang terintegrasi dengan jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang dioperasikan PT Marga Trans Nusantara (MTN) itu.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa sebelumnya mengatakan peresmian tol rencananya akan dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tol Kunciran-Serpong mempunyai panjang 11,2 km dan dioperasikan MTN, konsorsium yang dibentuk oleh Grup Astra dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

“Tol Kunciran-Serpong targetnya akhir bulan ini [November lalu] atau awal bulan depan [Desember ini]. Konstruksi sudah 100%, tinggal menunggu sertifikat laik fungsi,” kata Djap Tet Fa di Menara Astra, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Pada Jumat ini, dalam agenda Presiden disebutkan Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda. Pertama meresmikan pembangunan pabrik baru polyethylene milik emiten petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) atau CAP II.

Pada sore harinya, Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan jalan tol JORR II ruas Kunciran-Serpong di gerbang tol Parigi, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Turut mendampingi Presiden antara lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Setelah peresmian, ruas tol Kunciran-Serpong itu langsung dioperasikan. Dengan demikian, tol Kunciran-Serpong akan siap digunakan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Lebih lanjut Djap Tet Fa mengatakan, proses pembangunan ruas tol Kunciran-Serpong sudah berlangsung lama. Namun, karena masalah pembebasan lahan, konstruksi dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Tendernya sekitar tahun 2006-2007 lalu, karena masalah lahan lama sekali, konstruksi selesai tahun ini,” ucapnya.

Tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Adapun Tol Kunciran-Serpong merupakan satu dari enam jalan tol yang dimiliki oleh Astra Infra. Lima tol lainnya di antaranya Tol Tangerang-Merak sepanjang (72,4 km), Tol Cikopo Palimanan sepanjang (116,8 km), Tol Semarang-Solo sepanjang (72,6 km), Jombang-Mojokerto sepanjang (40,5 km), dan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang (36,3 km).

Saham MTN dipegang oleh PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra Toll Road) dan Jasa Marga dengan kepemilikan saham masing-masing 40% dan 60%. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close