Ekonomi

Tol Jombang-Mojokerto Siap Layani Mudik Lebaran

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan ruas Tol Jombang-Mojokerto (Tol Jomo) siap untuk digunakan sebagai jalur mudik pada Lebaran 2018.

“Saya lihat infrastrukturnya sudah semakin baik. Sudah operasional,” kata Royke di rest area KM 695 Tol Jomo, Rabu (4/4/2018) saat meninjau kesiapan Tol Jomo terkait mudik Lebaran 2018.

Irjen Pol Royke mengatakan, ruas tol Jombang-Mojokerto yang memiliki panjang 40,5 kilometer ini sudah cukup memadai dari segi infrastruktur. Tol ini, kata dia, sudah bisa dilalui semua jenis kendaraan termasuk kendaraan berat.

Ia berharap dengan beroperasinya tol ini bisa mengurai kepadatan yang terjadi di jalur Surabaya menuju Mojokerto dan Jombang.

“Krian dan sekitarnya itu kan padat, kemudian terus ke arah Mojokerto kemudian juga Jombang juga padat. Mudah-mudahan dengan adanya tol ini bisa mengurai kepadatan itu saat mudik Lebaran nanti,” katanya.

Mantan Kapolda Papua Barat ini menambahkan, ke depan, akan ditambahkan fasilitas kamera pemantau jalan di tol ini.

“Mudah-mudahan ini (penambahan kamera pemantau) bisa menekan angka kecelakaan. Karena banyak yang over speeding,” ujarnya.

Dengan kondisi ruas tol sepanjang 40,5 kilometer yang masih sepi membuat ruas tol ini rawan kecelakaan karena pengguna tol yang kebut-kebutan.

Dikatakan sejak Januari-Maret 2018, tercatat telah terjadi 61 kali kecelakaan di Tol Jomo dengan dua orang meninggal dunia. Dari puluhan kecelakaan tersebut, umumnya disebabkan ban pecah.

“95 persen di antaranya disebabkan pecah ban. Berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan yang mulus dan panas. Ban tidak kuat, tidak tahan terhadap panas akhirnya pecah,” katanya.

Tahapan pembangunan tol ini dibagi atas tiga seksi. Seksi pertama beroperasi pada Oktober 2014. Seksi kedua beroperasi pada September 2017. Seksi ketiga beroperasi pada November 2017.

Tol ini memiliki tiga gerbang tol yakni Gerbang Tol Mojokerto Barat, Gerbang Tol Jombang dan Gerbang To Bandar. Di Gerbang Tol Mojokerto Barat terdapat dua pintu masuk dan dua pintu keluar. Di Gerbang Tol Jombang terdapat dua pintu masuk dan tiga pintu keluar. Kemudian di Gerbang Tol Bandar terdapat tiga pintu masuk dan tiga pintu keluar.

Tol Jomo juga memiliki empat rest area yakni di KM 678 dan KM 695 dari dua arah.

Fasilitas yang disediakan di rest area ini yakni lahan parkir, mushola, kantin, genset, serta satpam dan petugas kebersihan. Royke meninjau kesiapan tol di Jatim menggunakan motor besar bersama sejumlah jajaran polantas. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close