Lintas Daerah

Tol Cigatas Terancam Mandeg, Ridwan Kamil: Itu Janji Kampanye Jokowi

BANDUNG, SENAYANPOST.com — Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengingatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa proyek jalan Tol Cigatas (Ciamis-Garut-Tasikmalaya) merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo saat Pilpres 2019 lalu.

Menurut Ridwan Kami, dalam satu kesempatan kampanye di wilayah Garut, Jokowi memastikan pembangunan tol tersebut akan menjadi prioritas.

“Saya kira komitmen Pak Presiden Jokowi pada rakyat Jawa Barat di Garut itu harus jadi pegangan,” kata Emil, panggilan Ridwan Kamil, menanggapi adanya masalah pembangunan Tol Cigatas, di Bandung, Selasa (3/12/2019).

Emil juga meminta Kementerian PUPR tidak bersikap labil dengan rencana pembangunan Tol Cigatas itu.

Menurutnya, statement terakhir Dirjen Bina Marga PUPR yang belum memastikan apakah jalan tol tersebut akan mulai dibangun pada 2020 mendatang karena pemerintah ingin lebih mengoptimalkan ruas Pantai Selatan, bisa mengecewakan masyarakat.

“Yang saya tahu di PUPR itu kan sudah dirilis lelang investasinya,” kata Emil menambahkan.

Bahkan dari lelang investasi tersebut nilainya pun sudah dipublikasikan, begitupun dengan proses lelang yang dijanjikan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pihaknya mengaku sebagai pemimpin wilayah, meminta proses pembangunan tol ini berlanjut dengan mengakomodir keinginan daerah.

Ia menambahkan, karena proyek jalan Tol Cigatas ini sudah mulai konkrit, dirinya berencana menawarkan penanaman investasi di sekitar kawasan tol itu pada investor di Abu Dhabi dalam rencana kunjungannya mendampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan dalam waktu dekat.

“Selain kawasan Rebana saya juga akan membawa tol ini ke Abu Dhabi,” kata Ridwan Kamil. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close