Lintas Daerah

Tol Bocimi Akan Dipercepat Pembangunannya

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M. Iriawan mengatakan pihaknya akan turut mempercepat sejumlah proyek infrastruktur strategis nasional, salah satunya proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

“Waktu empat bulan untuk rampungkan seksi satu Ciawi-Cigombong itu singkat, tapi saya punya skala prioritas,” katanya di Bandung, Jumat (22/6/2018).

Percepatan Tol Bocimi, menurut Iriawan, adalah karena masih terkendalanya akses menuju jalur Selatan Jabar, terutama ketika mudik, yang mana pemudik menderita kemacetan panjang dari Sukabumi menuju Bogor.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, mengingat target seksi satu semakin dekat, urusan lahan menjadi perhatian penting.

“Tinggal 0,50 persen yang belum bebas. Untuk lahan yang belum bebas masih ada sekitar 26 bidang atau sekitar 8,716 meter persegi. Ini ada di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor,” katanya.

Persoalan yang belum tuntas, kata Iwa, antara lain ada satu bidang lahan tumpang tindih, pemilik yang komplain soal luasan di satu bidang, hingga ada satu bidang yang mengembalikan uang ganti rugi dan 10 bidang masih melakukan negoisasi.

“Agustus seksi satu ini dijadwalkan selesai, tapi capaian ini tergantung sisa pembebasan lahan,” ujarnya.

Untuk mempercepat sisa lahan pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan permohonan terutama pada BPN Bogor yang diharapkan bisa turut mempercepat urusan ganti rugi di lapangan.

“Kita akan koordinasikan lagi target Agustus, tapi kita berharap jalan tol ini bisa bergerak lebih cepat,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close