Tol Bandara Kulonprogo–Kota Yogyakarta Tetap Dibangun

05:00
341
YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol yang menghubungkan ba
Maket Bandara Kulonprogo DIY

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol yang menghubungkan bandara baru di Kulonprogo dengan Kota Yogyakarta tetap akan dibangun.

Di sela-sela acara “Refleksi 72 Tahun Indonesia Merdeka” di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (12/8/2017), Basuki mengatakan, jalan bebas hambatan atau jalan tol itu merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan Bandung–Tasikmalaya–Cilacap – Yogyakarta–Solo.

Menurut dia, untuk proyek pembangunan jalan tol dari Cilacap ke Yogyakarta ruasnya akan dibelokkan melalui utara Bandara Kulon Progo, sehingga dari bandara ke Kota Yogyakarta bisa melalui jalan tol.

“Kalau tidak dibelokkan nanti menabrak bandara,” kata dia.

Ditargetkan pembangunan jalan tol dari Cilacap ke Yogyakarta yang akan melalui Bandara kulon Progo bisa dimulai pada 2018.  Dia menjelaskan pengerjaan proyek jalan tol itu juga akan menggandeng pihak swasta.

Basuki optimistis rencana pembangunan jalan tol itu tidak akan bertentangan dengan kehendak daerah.

Sebab, menurut dia, yang tidak dikehendaki Gubernur DIY Sultan HB X adalah jika proyek jalan tol itu dilakukan untuk menghubungkan Bandara Kulonprogo ke Candi Borobudur.

“Kalau saya bikin (tol bandara-Borobudur, red.) berarti mematikan ekonomi Yogyakarta,” jelasnya. (AF)

Comments

comments