Tokoh yang Wafat karena Covid dalam 2 Minggu Terakhir

Tokoh yang Wafat karena Covid dalam 2 Minggu Terakhir
Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien corona di TPU Desa Bakalankrapyak, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021). (ANTARA FOTO)
JAKARTA, SENAYANPOST.com - Indonesia saat ini masuk pada fase kritis di era Pandemi corona. Lonjakan kasus corona terjadi setidaknya dalam dua pekan terakhir.
Saat ini, total kasus infeksi corona di Indonesia mencapai 2 juta lebih kasus. Indonesia memegang rekor buruk, dengan negara kasus COVID-19 terbanyak di Asia Tenggara.
Selain kasus positif, kasus kematian pasien corona juga ikut meroket. Setiap harinya ada lebih dari 300 nyawa hilang akibat infeksi corona.
Tak hanya masyarakat yang meninggal akibat mengidap COVID-19, namun juga sejumlah nama terkenal, seperti musisi, artis, politikus, pejabat, hingga tokoh bangsa. Indonesia pun berduka, kehilangan sosok-sosok putra-putri terbaiknya.
Berikut daftar tokoh yang meninggal akibat COVID-19 dalam dua pekan terakhir seperti dirangkum kumparan:
Aktor Fuad Alkhar 'Wan Abud' Wafat karena COVID-19
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (2)
Wan Abud alias Fuad Alkhar. Foto: Facebook
Kabar duka datang dari dunia hiburan. Aktor lawas Fuad Alkhar atau yang akrab disapa Wan Abud meninggal dunia di usia 62 tahun pada 18 Juni lalu.
Aktor yang terkenal lewat sinetron Putri Duyung ini diketahui terinfeksi corona dan dirawat di RS UI. Jenazah pun dimakamkan dengan protokol COVID-19.
Penulis Gusur Adhikarya
Masih di hari yang sama dengan meninggalnya aktor Fuad Alkhbar, penulis cerita Lupus dan Saras 008, Gusur Adhikarya, meninggal.
Penulis Gol A Gong menyebut Gusur meninggal diduga karena penyakit COVID-19. Jenazah Gusur pun dimakamkan di TPU Selapajang, Tangerang.
Musisi Steven N. Kaligis
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (3)
Vokalis Steven and Coconut Treez, Steven N. Kaligis. Foto: Instagram.com/stevenjam_official
Musisi Steven N. Kaligis atau yang akrab disapa Tepeng meninggal dunia pada 22 Juni di usia 46 tahun.
Vokalis Steven & Coconuttreez ini meninggal saat menjalani perawatan di RS Medika BSD karena terinfeksi corona. Ia diketahui mengidap sakit keras selama 4 tahun terakhir.
Tepeng dan Steven & Coconuttreez mulai dikenal berkat lagu Welcome To My Paradise. Hingga saat ini, bersama band itu Tepeng telah berhasil merampungkan total 3 album.
Advokat Senior Mohamad Assegaf
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (4)
Mohamad Assegaf. Foto: Twitter/@assegaf_mohamad
Masih di hari yang sama, advokat senior Mohamad Assegaf wafat. Almarhum mengembuskan napas terakhir karena infeksi COVID-19.
Assegaf diketahui pernah berkarier di LBH Jakarta serta menjadi Dewas Pembina YLBHI. Sepak terjang Assegaf di dunia peradilan terbilang panjang.
Assegaf dikenal karena pernah menangani kasus korupsi dan perdata Yayasan Supersemar yang diduga melibatkan Presiden ke-2 RI Soeharto. Dalam kasus ini, Assegaf menjadi Tim Kuasa Hukum bersama OC Kaligis, Juan Felix Tampubolon, dan Indrianto Seno Adji.
Ketua IDI Tangsel, dr Imbar Umar Gazali
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (5)
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dr Imbar Umar Gazali. Foto: Dok. Istimewa
Keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berduka. Salah satu pengurus di daerah meninggal karena COVID-19. Ialah dr Imbar Umar Gazali, Ketua IDI Tangsel, meninggal dunia pada pukul 04.00 WIB, 23 Juni.
Di mata rekan sejawat, Imbar dikenal sebagai ASN Kota Tangsel yang taat dan teliti dalam bertugas. Terlebih, saat RSU Serpong Utara baru beroperasi menjadi rumah sakit darurat pasien COVID-19, Imbar juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit.
Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Karawang, Deden Rahmat
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (6)
Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Karawang Deden Rahmat. Foto: Dok. Istimewa
Masih di hari yang sama, 23 Juni, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Karawang, Deden Rahmat, karena COVID-19.
Politikus PKB dikenal sebagai sosok yang sangat baik dan memiliki peran penting, baik di internal maupun eksternal partai. Deden Rahmat diketahui sempat dirawat di rumah sakit selama enam hari.
Penyidik KPK, Kompol Ardian Rahayudi
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (7)
Ilustrasi KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Penyidik KPK dari Polri, Kompol Ardian Rahayudi, meninggal dunia pada 27 Juni. Ia mengembuskan napas terakhir saat tengah berjuang melawan COVID-19 di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.
Ardian telah bertugas di KPK selama 7 tahun dan banyak menangani kasus-kasus korupsi di lembaga antirasuah. Ia juga pernah menjadi pelaksana harian Direktur Penyidikan KPK.
Ardian merupakan satu dari tiga penyidik KPK yang tengah dalam proses penarikan ke institusi asal. Namun demikian, saat wafat ia masih tercatat sebagai penyidik KPK karena proses administrasi yang belum rampung dilaksanakan.
Musisi Aria Baron
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (8)
Gitaris Aria Baron. Foto: IG @ariabaron
Kabar duka kembali datang dari industri musik. Musisi ternama Aria Baron meninggal pada 29 Juni di usia 51 tahun. Mantan personel GIGI ini sempat terpapar virus corona sejak awal Juni lalu dan dirawat di beberapa rumah sakit, termasuk RSDC Wisma Atlet.
Almarhum diketahui memiliki komorbid berupa diabetes. Baron pada akhirnya mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, setelah hampir satu bulan berjuang melawan COVID-19.
Artis Edy Oglek
Komedian sekaligus pesinetron Edy Oglek meninggal dunia pada Senin (28/6). Pemeran Kardun dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 53 tahun setelah dinyatakan positif COVID-19.
Sebelum meninggal, Edy masih sempat jalan sendiri ke toilet namun kondisinya akhirnya drop.
Seniman dan Dalang Ki Manteb Soedharsono
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (9)
Dalang Ki Manteb Sudharsono. Foto: Instagram/@ki_manteb_soedharsono_official
Dalang kondang wayang kulit asal Kabupaten Karanganyar, Ki Manteb Soedharsono, meninggal dunia di usianya yang ke-72, Jumat (2/7) pagi. Ki Manteb meninggal dunia karena terinfeksi corona.
Alamarhum diketahui memiliki komorbid berupa sakit paru-paru. Jenazah akhirnya dikebumikan di pemakaman keluarga Dusun Sekiteran, Desa Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sesuai standar operasional prosedur pasien COVID-19.
Ekonom Senior Enny Sri Hartati
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (10)
Ekonom Senior Indef, Enny Sri Hartati. Foto: Facebook/Enny Sri Hartati
Ekonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati, meninggal pada Kamis (1/7), pukul 19.55 WIB.
Almarhumah mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta, karena COVID-19.
Enny semasa hidup memang malang melintang di dunia ekonomi dan bisnis Indonesia. Sebagai seorang pengamat, Enny kerap berpikir kritis namun juga memberi saran kepada pemerintah terkait kondisi perekonomian bangsa.
Pengusaha Arief Harsono
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (11)
Arief Harsono, pendiri dan CEO Grup Samator, produsen gas terbesar di Indonesia. Foto: Instagram htanoko
Pemilik Samator Group, Arief Harsono, tutup usia pada usia 67 tahun di Rumah Sakit Adi Husada, Surabaya, Jumat (2/7), pukul 21.30 WIB. Arief meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19.
Di bawah kepemimpinan Arief, Samator Group telah membantu memenuhi kebutuhan oksigen di Indonesia selama pandemi corona.
Samator Group adalah salah satu perusahaan gas terbesar di Indonesia dengan klien utamanya adalah perusahaan gas industri swasta nasional, BUMN maupun asing.
Anggota DPR F-PAN John Siffy Mirin
PAN kehilangan salah satu kader terbaiknya. Anggota DPR asal Papua, John Siffy Mirin, meninggal dunia di RSPAD, Sabtu (3/7). John Mirin meninggal akibat COVID-19.
Menurut Ketum PAN Zulkifli Hasan, kondisi kesehatan John Mirin dikabarkan memburuk sejak Jumat (2/7). Saturasi oksigennya terus menurun dan harus dibantu ventilator. Sementara karena RS penuh, John masih dirawat di IGD sambil menunggu kamar ICU yang kosong.
Rachmawati Soekarnoputri
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (12)
Rachmawati Soekarnoputri hadiri HUT Partai Gerindra ke-12 di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Kamis (6/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Keluarga besar Bung Karno berduka. Salah putri sang proklamator, yakni Rachmawati Soekarnoputri wafat pada Sabtu (3/7) pagi.
Adik kandung kandung Presiden ke-5 RI yang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ini meninggal di ICU RSPAD Gatot Soebroto, dalam usia 70 tahun, setelah menderita COVID-19.
Politikus Gerindra ini dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Karet Bivak. Jenazah Rachmawati dikebumikan di samping makam sang ibunda, Fatmawati.
Politikus NasDem Nurul Almy Hafild
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (13)
Ketua Bidang Maritim DPP Partai NasDem, Emmy Hafild. Foto: https://partainasdem.id/
Partai NasDem tengah berduka. Salah satu kader tebaiknya, Nurul Almy Hafild atau lebih dikenal dengan Emmy Hafild meninggal dunia pada Sabtu (3/7) malam.
Kondisi Emmy Hafild sempat memburuk di ICU akibat COVID-19. Alamrhumah diketahui memiliki komorbid kanker.
Semasa hidup, Emmy dikenal sebagai aktivis lingkungan dan perempuan. Emmy pernah memimpin sejumlah LSM, bahkan pernah menjabat Ketua Greenpeace Asia Tenggara, bergabung di Walhi dan Yayasan Indonesia Hijau.
Artis Jane Shalimar
Indonesia Berduka, Banyak Tokoh Wafat karena COVID-19 dalam 2 Minggu Terakhir (14)
Jane Shalimar di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (30/1). Foto: Maria Gabrielle P/kumparan
Kabar duka kembali datang dari industri perfilman Indonesia. Artis Jane Shalimar meninggal pada Minggu (4/7) pukul 04.20 WIB. Ia sempat kritis setelah terjangkit COVID-19.
Jane akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, di hari yang sama. Almarhumah terinfeksi corona pada 24 Juni lalu. Ia langsung dirawat di Rumah Sakit JMC, Mampang Prapatan, Jakarta.
Pada 29 Juni, Jane Shalimar kritis dan mendapatkan perawatan di ICU. Empat hari setelahnya, Jane yang sudah dibuat tertidur dan dipasang ventilator masih tidak bisa melewati masa kritis hingga berpulang.