TNI

TNI Tingkatkan Kapasitas Produksi Farmasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – TNI bertekad meningkatkan kapasitas produksi sejumlah lembaga farmasi milik TNI Angkatan Darat,  TNI Angkatan Laut maupun milik TNI Angkatan Udara.

Menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, lembaga farmasi di lingkungan  TNI memiliki kemampuan besar untuk mendukung produksi obat-obatan, meski pada saat ini menurun. Ia menjelaskan Lembaga Farmasi Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat pernah mampu memproduksi sebanyak 75 jenis obat namun kini tinggal 25 jenis saja.

“Saya sudah mulai menembus kemampuan-kemampuan yang dimiliki TNI di antaranya adalah lembaga farmasi,” katanya  dalam acara Bakti Sosial RSPAU Dr. S. Hardjolukito  Yogyakarta, Senin (19/3/2018).

Dengan kemampuan itu, Hadi berharap seluruh keperluan pelayanakan kesehatan kebutuhan obat-obatan bisa dipenuhi oleh lembaga farmasi TNI. “Sehingga permintaan-permintaan obat bisa kita dukung dari lembaga farmasi TNI,” ujarnya.

Hadi yakin sumber daya yang dimiliki TNI cukup memadai untuk membantu penyaluran bantuan baik kebutuhan sosial maupun sosial kepada masyarakat secara optimal. Untuk mendukung kegiatan itu, TNI memiliki kapal rumah sakit yang siap diterjuankan untuk menopang penanganana kesehatan di berbagai wilayah.

Menurut Panglima, saat ini tidak kurang ada 500.000 personel yang dengan cepat dapat digerakkan dan didukung dengan kapal, pesawat dan sebaainya. “Saya juga bisa memerintahkan Babinsa – Bintara Pembina Desa, di seluruh wilayah yang perlu dibantu,” ujarnya.

Kesigapan TNIuntuk mengatasi persoalan kesehatan, jelasnya telah dibuktikan dalam operasi kesehatan besar-besaran di Asmat, Papua untuk membantu pengentasan kejadian luar biasa (KLB) penyakit campak. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close