Nasional

TNI Siapkan 2 Kapal dan 4 Pesawat Hercules untuk Angkut Pemudik

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan, pihaknya akan mempersiapkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) untuk membantu arus mudik pada Lebaran tahun ini. TNI bakal mengerahkan 2 unit kapal perang dan 4 pesawat Hercules untuk membantu membantu program mudik bersama yang digelar Kementerian Perhubungan.

Dua kapal TNI-Al yang diperbantukan tersebut adalah kapal jenis LPD (Landing Platform Dock) yang  biasa digunakan untuk mengangkut pasukan dengan kapasitas masing-masing 1.000 orang. Ada pun 4 pesawat hercules tersebut masing-masing mampu membawa 130-135 penumpang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengerahkan alat utama sistem pertahanan negara (Alutsista) selama arus mudik berlangsung.

Menurutnya, pengerahan kapal perang dan pesawat hercules itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama prosesi mudik berlangsung.

“Kami akan siapkan kapal perang dan pesawat Hercules untuk fasilitasi mudik bersama dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama mudik,” katanya di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Hadi menjelaskan TNI akan mengerahkan pasukan untuk mendukung Badan SAR Nasional (Basarnas) guna mengantisipasi jika ada kecelakaan laut dan udara selama mudik berlangsung.

Selain itu, TNI juga akan memberikan bantuan berupa peralatan jika ada bencana alam yang terjadi beberapa hari ke depan.

“Pasukan akan kami tempatkan di pos-pos terpadu. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas akibat kegagalan transportasi di udara dan laut. Alutsista heli juga sudah disiapkan untuk mendukung evakuasi medis udara, ini kerja sama dengan Basarnas,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close