TNI AU Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta pada 17 Agustus 

TNI AU Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta pada 17 Agustus 
TNI AU

JAKARTA, SENAYANPOST.com - TNI Angkatan Udara (AU) akan mengibarkan bendera merah putih raksasa saat Hari Kemerdekaan RI ke-76. Bendera tersebut berukuran 20x30 meter atau 600 meter persegi.

"Pada puncak peringatan HUT ke-76 RI, tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, TNI Angkatan Udara akan mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa (20x30 Meter) menggunakan pesawat helikopter di atas langit Jakarta," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Indan menyebutkan TNI AU sudah berlatih sejak Senin, 2 Agustus kemarin untuk mengibarkan bendera raksasa. Latihan digelar selama 5 hari, atau hingga Jumat (6/8).

"Pada latihan ini, pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah," jelas Indan.

Indan menuturkan helikopter-helikopter yang terlibat dalam pengibaran bendera raksasa berasal dari Skadron Udara 6, Skadron Udara 45 dan Skadron Udara 8.

"Adapun helikopter yang akan turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 dan Skadron Udara 45, serta EC-725 Caracal Skadron Udara 8," jelas Indan.

Sebelumnya diberitakan 6 Helikopter TNI AU Bolak-balik di Langit Bogor. Dua di antaranya membawa bendera besar berwarna merah.

Pantauan detikcom, pada bendera besar itu terdapat lambang TNI. Di bawah lambang TNI, terdapat lambang 3 matra TNI yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

6 helikopter itu terbagi menjadi 2 formasi. Satu formasi terdiri dari 3 helikopter yang terbang berdekatan.

Pada masing-masing formasi, helikopter yang membawa bendera besar diapit dua helikopter lainnya. Helikopter yang membawa bendera tampak mengambil posisi lebih depan dari dua helikopter di kanan dan kirinya.

Di antaranya juga ada dua helikopter bercat merah-putih. Heli tersebut adalah heli yang dipergunakan untuk kalangan very very important person (VVIP).

"Heli NAS 332 Super Puma L1 (dari) Skadron Udara 45 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Heli utk angkut VVIP (semisal, red) Presiden, Wapres, dan tamu negara setingkat presiden/kepala negara," kata Indan saat dikonfirmasi detikcom.

Soal helikopter dengan tampilan merah-putih tersebut, Indan menerangkan pengecatan sudah direncanakan sejak 2019. Ada 5 helikopter VVIP yang dicat merah putih.

"Direncanakan 2019, mulai cat 2020. Saat ini kelima heli tersebut sudah dicat dengan livery merah-putih," jelas Indan.