Nasional

TKN: Debat Capres-Cawapres Momentum Strategis Sampaikan Visi-Misi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menilai Debat Capres-Cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah hal strategis dan penting untuk menyampaikan visi-misi dan program kepada masyarakat.

Karena itu, TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan memanfaatkan momentum Debat Cawapres-Cawapres ini secara maksimal untuk menyampaikan visi-misi dan program kepada masyarakat yang diyakini dapat meningkatkan elektabilitas pasangan calon.

KPU telah menjadwalkan akan menyelenggarakan lima kali Debat Capres-Cawapres yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi.

Debat Capres-Cawapres tahap pertama, akan menampilkan dua pasangan capres-cawapres dan akan diselenggarakan di Jakarta, pada Kamis, 17 Januari 2019 malam.

Kedua pasangan capres-cawapres yang tampil adalah, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pada Debat Capres-Cawapres tahap pertama ini, KPU telah menetapkan tema yang akan diangkat adalah persoalan penegakan hukum dan HAM, serta pemberantasan korupsi dan terorisme.

KPU juga telah menetapkan enam orang panelis, yakni Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Universitas Indonesia), Bagir Manan (Mantan Ketua Mahkamah Agung), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Hukum Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Hukum Tata Negara), serta Agus Rahardjo (Ketua KPK). KPU juga telah menetapkan dua orang moderator yakni, Ira Koesno dan Imam Priyono, yang akan memandu jalannya debat.

Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, seperti dikutip Antara, Minggu (13/1/2019) menilai, Debat Capres-Cawapres ini merupakan momentum kampanye yang sangat penting dan strategis untuk menyampaikan visi-misi dan program kepada masyarakat.

Apalagi, KPU sampai saat ini belum membolehkan pasangan capres-cawapres berkampanye di televisi.

Melalui Debat Capres-Cawapres ini, kata dia, masyarakat dapat menyaksikan langsung di televisi, kedua pasangan capres-cawapres menyampaikan visi-misinya sesuai dengan tema yang ditampilkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para panelis.

“Masyarakat akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi, langsung dari orangnya. Momentum ini yang harus dimanfaatkan dan pasangan calon harus tampil maksimal dan taktis,” katanya.

TKN juga optimistis, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, akan dapat tampil maksimal sehingga mampu meyakinkan masyarakat yang berdampak pada peningkatan elektabilitas.

Karena berdasarkan hasil survei dari lembaga survei, masih ada sekitar 9,2 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya atau “undecided voters” serta sekitar 20 persen pemilih yang masih dapat berubah pilihannya atau “swing voters”. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close